London (ANTARA) - Mata uang safe-haven dolar AS jatuh pada Senin (Selasa pagi WIB), karena sentimen risiko membaik di tengah harapan stimulus kebijakan China dapat menstabilkan perekonomian, sementara data pekerjaan AS meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin akan mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya.

Dengan pasar AS yang tutup pada Senin (4/9/2023) untuk libur Hari Buruh, likuiditas kemungkinan akan tipis dan para pedagang ragu untuk memasang taruhan besar.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, melemah 0,15 persen menjadi 104,08, namun tetap mendekati puncak dua bulan di 104,44 yang dicapai pada 25 Agustus. Indeks naik 1,7 persen pada Agustus, menghentikan penurunan dua bulan berturut-turut.

China meningkatkan langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian negaranya yang sedang melemah, dan Beijing merencanakan tindakan lebih lanjut termasuk melonggarkan pembatasan pembelian rumah.

Euro yang sensitif terhadap China naik 0,25 persen pada 1,0799 dolar, turun dari level terendah 10 minggu yang dicapai minggu lalu terhadap dolar. Mata uang tunggal telah melemah hampir 12 persen pada musim panas ini.

Dolar Australia dan dolar Selandia Baru juga mendapat dukungan dari langkah-langkah tersebut.

“Dolar AS melemah terhadap sebagian besar mata uang G10 lainnya hari ini karena selera risiko membaik berkat langkah-langkah dukungan China,” kata Jane Foley, kepala strategi valas di Rabobank.

Sementara itu, data pada Jumat (1/9/2023) menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja AS meningkat pada Agustus, namun tingkat pengangguran melonjak menjadi 3,8 persen, sementara kenaikan upah melambat.

Serangkaian data ekonomi yang menyoroti moderasi inflasi serta pelonggaran pasar tenaga kerja telah menambah kesan bahwa perekonomian AS sedang mendingin tanpa melambat secara tajam, memperkuat harapan bahwa perekonomian akan memasuki kondisi soft landing.

Pasar memperkirakan 93 persen kemungkinan The Fed akan mempertahankan suku bunganya pada bulan ini, dan lebih dari 60 persen kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga lagi pada tahun ini, menurut alat CME FedWatch.

Euro tidak terpengaruh oleh Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde yang mengatakan pada Senin (4/9/2023) bahwa bank sentral harus menetapkan ekspektasi inflasi pada target mereka pada saat perubahan di pasar tenaga kerja dan energi serta gejolak geopolitik menyebabkan perubahan harga.

Pekan lalu, anggota dewan ECB Isabel Schnabel mengatakan bahwa pertumbuhan zona euro lebih lemah dari perkiraan beberapa bulan yang lalu namun hal ini tidak secara otomatis menghilangkan perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut, terutama karena investor membatalkan beberapa pekerjaan ECB di masa lalu.

“Euro bisa mendapatkan sedikit dorongan dari ekspektasi bahwa, secara seimbang, ECB akan mempertahankan bias hawkish untuk mencegah penurunan suku bunga pasar terlalu cepat. Komentar Schnabel memberikan wawasan mengenai hal ini,” tambah Foley.

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan pada akhir pekan bahwa inflasi akan berkurang setengahnya pada akhir tahun 2023, dan berjanji untuk fokus pada tujuan tersebut ketika ia menetapkan prioritasnya menjelang pembukaan kembali parlemen setelah liburan musim panas.

Sterling naik 0,34 persen menjadi 1,2633 dolar setelah revisi data Inggris yang diterbitkan pada Jumat (1/9/2023) menunjukkan perekonomian pulih lebih cepat dari pandemi daripada perkiraan sebelumnya.

Di tempat lain, dolar Australia menguat 0,2 persen menjadi 0,6462 dolar AS menjelang pertemuan kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA) pada Selasa ketika diperkirakan akan tetap stabil. Jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa semua kecuali dua dari 36 ekonom mengatakan RBA akan mempertahankan suku bunga resminya sebesar 4,10 persen pada 5 September.

Dolar Kanada tergelincir 0,07 persen menjadi 1,359 per dolar menjelang pertemuan kebijakan bank sentral Kanada minggu ini, dengan bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga.

Ke depan, fokus investor akan tertuju pada sejumlah pejabat Fed yang akan memberikan pidatonya minggu ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai apa yang akan dilakukan bank sentral AS pada pertemuan kebijakan berikutnya pada 19-20 September.
Baca juga: Dolar turun di Asia, pedagang bertaruh Fed selesai naikkan suku bunga
Baca juga: Dolar AS stabil, investor berspekulasi kenaikan suku bunga Fed selesai
Baca juga: Dolar AS menguat setelah laporan data indeks manufaktur dan pekerjaan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023