Jakarta (ANTARA) - Platform berbagi resep dan komunitas memasak global online Cookpad mengungkapkan 32 persen pengguna Cookpad Indonesia memilih resep olahan daging sehat untuk Menu Idul Adha 2023.

Menurut siaran resminya, Kamis, ini merupakan hasil survei online terhadap 316 pengguna aktif di Indonesia dengan rentang usia terbanyak antara 25 hingga 49 tahun pada bulan ini.

Selain itu, responden juga menyatakan tidak hanya memilih mengolah daging saja tapi juga bersama hidangan pelengkap lainnya.

“Cookpad terus berkomitmen untuk mengajak masyarakat Indonesia pilih masak dengan menyajikan berbagai inspirasi resep beserta tips dan trik memasak sebagai acuan. Pilih masak secara langsung dan tidak langsung juga membuat kita memilih untuk lebih sehat karena kita dapat memilih mengolah asupan makanan sehingga lebih higienis,” kata CEO Cookpad Indonesia Soegianto.

Baca juga: Cookpad kembangkan layanan premium

Adapun cara terbaik mengolah daging dengan tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi. Hal ini dilakukan agar kandungan protein tetap terjaga.

"Panas yang tinggi akan menghilangkan kandungan protein pada daging seperti asam amino,” kata dr. Fanny Immanuddin dari Sukhavita Clinic.

Menurut Fanny, mengonsumsi daging yang baik adalah ketika daging di masak medium rare. Temperatur medium rare artinya berada pada suhu 56-60 derajat celcius.

Kondisi ini memungkinkan daging mulai mengeras di bagian luar, tetapi akan tetap sangat lembut dan empuk di bagian tengah.

Baca juga: Tips memilih hingga mengolah daging sapi untuk dijadikan "steak"

Fanny juga mengingatkan konsumsi daging merah termasuk bahan pangan yang sulit dicerna sehingga untuk membantu penyerapan pada tubuh dibutuhkan makanan pendamping yang mengandung serat tinggi.

“Sayur mentah seperti salad atau lalap misalnya sangat baik sebagai pendamping ketika mengkonsumsi daging merah. Serat tinggi pada sayur mentah ini akan membantu penyerapan daging pada tubuh lebih optimal,” jelas Fanny.

Di sisi lain, data Cookpad menunjukkan resep dengan menggunakan bahan daging banyak dicari sebagai bahan pencarian di akhir pekan. Selain itu, Idul Adha tahun ini juga bertepatan dengan hari keluarga nasional.

Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati momen memasak di rumah bersama keluarga dan juga membagikannya kepada yang membutuhkan, kata Soegianto.

“Mereka tidak hanya bersenang-senang membantu menyiapkan makanan, tetapi mereka juga dapat mempelajari beberapa keterampilan dapur yang penting. Seperti menakar bahan menggunakan peralatan dapur dengan aman, dan mengikuti resep yang ada di Cookpad,” katanya.

Baca juga: Pentingnya memilih bagian daging sapi yang tepat untuk masakan

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023