Jakarta (ANTARA) - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Cookpad mengungkapkan tips untuk memasak daging agar terasa lebih empuk sehingga nikmat untuk disantap.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat daging menjadi empuk misalnya seperti nanas, jeruk nipis, hingga daun pepaya. Berikut 10 bahan yang bisa digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk, seperti dalam siaran resmi Cookpad, Kamis.

1. Soda kue atau baking soda.

Soda kue membantu mencegah daging giling mengering, menjaga kelembaban dan kecokelatannya lebih cepat untuk masakan yang paling beraroma.

2. Air jeruk nipis/ lemon

Asam seperti jus lemon, jus jeruk nipis, dan cuka memecah daging mentah, memungkinkan minyak bumbu dan rempah-rempah meresap lebih dalam dan meresapi daging dengan rasa dan kelembaban. Mereka menggali jalur kecil di dalam daging dan membiarkan bumbunya meresap.

3. Nanas

Nanas memiliki enzim yang berfungsi untuk melunakkan daging. Seperti yang ditunjukkan oleh Global Research Online, jus nanas tidak hanya menambah rasa, tetapi juga mengandung enzim yang disebut bromelain. Ini dapat membantu daging menjadi lebih empuk saat dibumbui karena melarutkan serat kolagen.

Baca juga: Tips memilih hingga mengolah daging sapi untuk dijadikan "steak"

4. Daun pepaya

Zat aktif pada daun pepaya seperti enzim proteolytic papain mampu memecah protein kolagen sehingga jarak antar serat otot menjadi lebih longgar yang menyebabkan tekstur daging menjadi lebih lunak dan daging menjadi lebih empuk.

5. Metode 5 30 7

Metode 5 30 7 adalah cara untuk merebus makanan agar cepat empuk. 5 menit air mendidih dilanjutkan dengan merebus daging selama 30 menit dan masak lagi daging setelah mendidih 7 menit, kemudian matikan api.

6. Gula merah

Tingkat keasaman gula merah yang meningkat membuat daging lebih empuk dan meningkatkan rasa gurih. Gula merah berwarna keemasan muda dan memiliki rasa dan kepadatan yang lebih lembut karena memiliki molase yang lebih sedikit. Ini menambah rasa manis tanpa mengalahkan bahan lain, dan itulah mengapa ini adalah pilihan terbaik untuk dipanggang.

7. Jahe

Jahe segar, tidak hanya menambah rasa tetapi juga merupakan pelunak daging yang sangat efektif. Enzim dalam jahe yang disebut protease mencerna protein, memungkinkannya dalam rendaman untuk melunakkan daging. Jahe memecah jaringan ikat kolagen.

Baca juga: Tips mengolah daging kambing, pakai nanas parut dan hindari air

8. Bubuk pengembang

Menggunakan baking powder dapat meningkatkan pH pada permukaan daging, mempersulit protein untuk berikatan secara berlebihan, yang membuat daging tetap empuk dan lembab saat dimasak.

9. Maizena

Maizena atau pati jagung membantu menjaga daging tetap lembab dan empuk saat dimasak. Ini sangat terlihat saat memasak daging yang diaduk dengan tanpa tepung jagung - daging tanpa tepung jagung akan mengeluarkan cairan saat dimasak, sedangkan daging yang dilapisi tepung jagung akan mempertahankan kandungan cairannya, membuatnya lebih empuk.

10. Sendok logam

Karena logam memanas lebih baik dan lebih cepat daripada air atau cairan apa pun, logam akan membantu daging lebih cepat empuk karena akan memanas lebih baik.

Baca juga: Tips mengolah daging brisket ala "Chef" Arnold

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023