Jakarta (ANTARA) - Daging kambing terkenal dengan ciri khas baunya yang mungkin membuat sebagian orang tak menyukai hidangan daging yang satu ini.

Menurut buku “Masakan Kambing Istimewa” yang ditulis oleh Apri Buleng dan Tim Dapur Demedia (2016), dikutip Kamis, daging kambing memang memiliki aroma yang kurang sedap atau biasa disebut prengus.

Namun, tak semua daging kambing memiliki bau prengus yang kuat. Beberapa hal yang mempengaruhi aroma daging kambing adalah umur kambing, lemak, dan darah kambing.

Semakin tua kambing, maka dagingnya pun akan semakin berbau. Itu sebabnya daging yang disembelih saat usianya di bawah 5 bulan memiliki bau prengus yang tak terlalu menyengat.

Baca juga: Lima kandungan nutrisi dalam daging kambing yang baik untuk tubuh

Kendati demikian, terdapat kiat-kiat memasak yang dapat mengurangi bau prengus pada daging kambing. Berikut empat tips yang bisa dicoba supaya masakan kambing Idul Adha tidak bau prengus.

Singkirkan lemak kambing

Lemak kambing mempengaruhi aroma daging kambing yang dimasak. Untuk mengurangi bau, iris dan singkirkan lemak kambing dari dagingnya.

Menghilangkan lemak daging kambing mudah dikerjakan jika sebelumnya daging tersebut dibekukan dalam freezer terlebih dulu. Dengan demikian, lemak kambing akan menjadi lebih padat sehingga lebih mudah disingkirkan.

Baluri daging dengan garam

Darah yang melekat pada daging juga mempengaruhi aroma daging saat dimasak. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum dimasak, remas-remas dahulu daging tersebut dengan garam.

Cara lainnya adalah baluri daging kambing dengan larutan air, garam, dan cuka masak. Setelah didiamkan, daging kambing bisa diolah.

Baca juga: Cara bedakan daging kambing dan sapi

Merebus daging

Merebus daging juga bisa menjadi metode untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Rebuslah dengan campuran asam jawa atau cuka masak sebelum mengolah daging tersebut.

Gunakan cabai atau lada

Daging kambing bisa diolah menjadi hidangan yang pedas untuk menyamarkan baru prengus. Penggunaan lada atau cabai yang cukup banyak bisa memberikan rasa pedas yang mampu mengalihkan perhatian dari aroma daging kambing.

Baca juga: Ide aneka olahan daging kambing untuk Idul Adha

Baca juga: Lima cara sehat mengolah daging kambing saat Idul Adha


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023