Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Layanan Operasional Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUP) Cipto Mangunkusumo Jakarta Renan Sukmawan mengemukakan telah menerapkan perawatan multidisiplin kepada pasien obesitas berbobot 300 kilogram Moch Fajri Rifana sebelum meninggal dunia.

“Kami sampaikan bahwa bagaimana kami berjuang misalnya untuk memindahkan pasien dan melakukan manuver-manuver seperti pemeriksaan CT scan, rontgen yang memerlukan effort lebih besar. Semua kami lakukan untuk memberikan yang terbaik, obat-obat yang terbaik,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pulihkan obesitas Fajri, RSCM kerahkan tim medis multi-disiplin ilmu

Pihak RSCM telah melakukan perawatan intensif secara optimal kepada pasien obesitas Fajri selama kurang lebih 14 hari oleh tim dokter multidisiplin sebelum pasien tersebut meninggal dunia pada pukul 01.25 WIB akibat infeksi multiple.

Terapi multidisiplin yang diterapkan terhadap Fajri berasal dari dokter ahli perawatan intensif (intensivis), paru, jantung, pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca juga: RSCM benarkan pasien obesitas berbobot 300kg asal Tangerang meninggal

Perawatan yang sudah dilakukan yaitu terapi antibiotik untuk infeksinya, terapi alat bantu pernapasan, jantung, ginjal, dan semua organ yang terganggu akibat gagal organ multiple akibat syok sepsis.

Sementara itu, kendala yang dihadapi selama perawatan pasien lebih ke arah ukuran dan berat badan seperti mengupayakan mencari tempat tidur yang muat, memposisikan pasien, dan sulitnya melakukan prosedur diagnostik tertentu karena tidak muat masuk MRI dan CT scan.

Baca juga: Pemerintah Kota Tangerang siap bantu pengurusan jenazah Fajri

“Kasus ini kasus yang berat, sulit karena memang sudah dalam kondisi yang lanjut tetapi kita terus berusaha semuanya dengan upaya medis yang paling maksimal,” kata Renan.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023