Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua membantu Palang Merah Indonesia (PMI) melalui aksi donor darah dalam upaya membantu perawatan pasien di rumah sakit.

"Donor darah Polres Biak dalam rangka kegiatan menyambut HUT Bhayangkara 1 Juli 2023," kata Wakil Kepala Polres Biak, Kompol Muchsit Setiap S.Ik, di Biak, Papua, Kamis.

Ia menyebut, untuk target donor darah yang akan disumbangkan ke PMI sebanyak 150 kantong darah.

Dari seratusan yang dibutuhkan, menurut dia, berasal dari jajaran personel Polres ditargetkan 100 kantong.

"Serta 50 kantong darah lainnya berasal dari eksternal Polres yakni masyarakat umum dan mitra kepolisian," sebut dia.

Ia bilang, sumbangan setetes darah untuk kebutuhan masyarakat sangat berdampak bagi penyembuhan dan perawatan pengobatan pasien di rumah sakit.

Kepada masyarakat dan anggota Polres yang sudah donor, menurut dia, diucapkan Terima kasih karena sudah membantu pemenuhan kebutuhan darah.

Kegunaan manfaat donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

Dengan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Manfaat lain donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria.

"Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin," katanya
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023