Berlin (ANTARA News) - Juara bertahan Liga Jerman Borussia Dortmund ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Borussia Moenchengladbach pada Minggu, sehingga Bayern Munich unggul besar 17 angka di pucuk klasemen.

Juara bertahan Dortmund akan berhadapan dengan Bayern pada Rabu di perempat final Piala Jerman, namun Munich berpeluang sangat besar untuk menjadi juara liga musim dan siap mengakhiri puasa gelar selama tiga tahun mereka pada mei.

Bayer Leverkusen juga dapat menyingkirkan Dortmund dari peringkat kedua klasemen liga pada Minggu malam, jika mereka menang atas tim juru kunci Greuther Fuerth.

Dengan absennya dua penyerang Borussia Julian Schieber dan Robert Lewandoski asal Polandia akibat skorsing kartu merah, pelatih Dortmund jurgen Klopp memainkan gelandang Jerman Mario Goetze (20) di lini depan, dan ia mengonversi penalti pada menit ke-31.

Setelah menuju gawang bersih, Goetze dilanggar oleh kiper Gladbach Marc-Andre ter Stegen dan wasit Guenter Perl langsung menunjuk titik putih.

Gladbach, yang menduduki peringkat kesepuluh di klasemen, memainkan lini depan yang lemah tanpa kehadiran penyerang tengah Patrick Herrnan (terkena skorsing) dan pemain sayap kiri Juan Arango (cedera pergelangan kaki).

Tetapi pengganti Herrnan, Amin Younes (19) menandai penampilan ketiganya di Liga Jerman dengan mencetak gol pertamanya untuk Gladbach ketika ia menyamakan kedudukan pada menit ke-67.

Kedua tim memiliki beberapa peluang untuk memenangi pertandingan ini pada fase akhir pertandingan, ketika pemain pengganti Gladbach Peniel Mlapa melepaskan tendangan yang melebar, sedangkan kapten Dortmund Sebastien Kehl melepaskan tembakan yang melambung di atas gawang Gladbach.

Pada Sabtu, Bayern mengistirahatkan setengah lusin pemain bintangnya menjelang pertandingan melawan Dortmund di Piala Jerman, namun mereka masih mampu menang 6-1 atas tamunya Werder Bremen yang mengakhiri laga dengan sepuluh pemain.

Bayern memperpanjang rekor tidak terkalahkan mereka menjadi 20 peratandingan sejak terakhir kali dikalahkan di kandang oleh Bayer Leverkusen pada akhir Oktober, dan ini merupakan pertama kalinya mereka kemasukan gol di liga sejak mereka bermain imbang 1-1 dengan Gladbach pada 14 Desember.

Di antara sejumlah pergantian kunci, penyerang Jerman Mario Gomez, yang mencetak dua gol, masuk menggantikan Mario Mandzukic, pemain sayap Belanda Arjen Robben, yang membuka keunggulan Bayern, mengisi posisi Thomas Mueller, sedangkan gelandang Swiss Xherdan Shaqiri mengisi tempat Toni Kroos.

Gol-gol lain hadir dari pemain sayap Prancis Frankc Ribery dan gelandang bertahan Spanyol Javi Martinez, sedangkan pemain Bremen Theodor Gebre Selassie mencetak gol bunuh diri pada awal babak kedua.

Bremen terpaksa bermain dengan sepuluh pemain ketika bek tengah Sebastian Proedl mendapat kartu merah langsung akibat menjatuhkan Gomez, yang sedang menuju ke gawang, beberapa saat sebelum turun minum.

Gelandang Belgia Kevin de Bruyne, yang dipinjam Bremen dari Chelsea, mencetak satu gol hiburan bagi Werder menjelang menit ke-60, namun pertahanan Bremen kembali kemasukan dua gol pada lima menit terakhir.

Schalke 04 meneruskan hasil imbang 1-1 dengan tuan rumah Galatasaray pada Rabu di Liga Champions dengan menang 2-1 saat menjamu Fortuna Duesseldorf. Ini merupakan kemenangan kedua Schalke di liga sejak pertengahan November.

Bek Kamerun Joel Matip mencetak kedua gol Schalke, termasuk gol kemenangan pada menit ke-81 setelah mendapat umpan dari gelandang Brazil Michel Bastos yang membuat The Royal Blues menempati peringkat kesembilan.

Penyerang Korea Selatan Ji Dong Won mencetak gol pertamanya dari enam penampilan untuk Augsburg, yang menghuni peringkat ke-16 di klasemen liga, sejak bergabung dari Sunderland pada Januari saat timnya menang 2-1 atas tamunya Hoffenheim.

Hanover bangkit dari tersingkirnya mereka di Liga Europa pada tengah pekan di tangan klub Rusia Anzhi Makhachkala, dengan meraih kemenangan 5-1 atas tamunya Hamburg, untuk naik ke peringkat ketuuh.

Nuremberg bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Mainz meski bermain dengan sepuluh pemain selama 60 menit, setelah bek tengah Alexander Madlung mendapat kartu merah akibat menarik pemain Mainz Nicolai Mueller.

Nuremberg bermain imbang 1-1 di markas Stuttgart, untuk tetap bertahan di peringkat ke-14 dan di atas zona degradasi. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013