Sebanyak 20 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 WITA
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 20 titik panas yang tersebar di Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga semua pihak diimbau waspada dan saling menjaga agar tidak terjadi penambahan titik panas baru.

"Sebanyak 20 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi dengan suhu relatif tinggi dibandingkan suhu di sekitarnya.

Sebaran 20 titik panas itu, kata dia, sudah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mendapat tindakan lebih lanjut.

Empat hari sebelumnya (17/6), pihaknya juga mendeteksi 13 titik panas di Kaltim. Sedangkan 20 titik panas yang terpantau hari ini merupakan titik panas baru yang muncul di lokasi berbeda dengan titik koordinat yang berbeda pula.

Baca juga: BMKG deteksi 13 titik panas di Kalimantan Timur

Karena itu ia mengimbau semua pihak terkait dan lapisan masyarakat luas untuk saling mengingatkan  tidak membuang puntung rokok sembarangan di lahan maupun di hutan yang kering.

Ke-20 titik panas yang terpantau hari ini tersebar pada 6 kabupaten yakni Paser, Kutai Barat, Berau dan Mahakam Ulu masing-masing satu titik, Kutai Timur 10 titik, dan di Kabupaten Kutai Kartanegara enam titik.

Rinciannya adalah di Kabupaten Paser berada di Kecamatan Batu Sopang, di Berau berada di Kecamatan Gunung Tabur, di Mahakam Ulu berada di Kecamatan Long Pahangai, dan di Kabupaten Kutai Barat berada di Kecamatan Bongan.

Kemudian enam titik di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar pada lima kecamatan yakni dua titik di Kecamatan Kembang Janggut, kemudian Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Muara Kaman, dan Sebulu, masing-masing satu titik panas.

"Sedangkan 10 titik panas di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada empat kecamatan yakni Bengalon empat titik, Kaubun tiga titik, Rantau Pulung dua titik, dan Kecamatan Kongbeng satu titik," kata Diyan.

Baca juga: BPBD: Kalimantan Timur miliki 13 potensi bencana

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023