mereka juga ikut berkolaborasi dalam pengembangan Vaksin Merah Putih yang digagas oleh Unair.
Surabaya (ANTARA) - Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof. Mohammad Nasih mengukuhkan pasangan suami istri Prof. Dr.dr.Gatot Soegiarto,Sp.PD.,K-AI.,FINASIM dan Prof.Dr.dr. Laksmi Wulandari SpP(K)., FCCP., sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran di kampus setempat.

"Ini sangat langka, ya, karena suami istri. Beliau juga merupakan aktivis-aktivis dalam hal riset dan pengajaran. Kami harapkan kolaborasi antara suami dan istri ini dapat membawa keberkahan," ujar Rektor Unair Prof. Muhammad Nasih, Kamis.

Usai pengukuhan, Prof. Gatot Soegiarto menuturkan bahwa pengukuhan ia dan istri sebagai guru besar terjadi tanpa perencanaan.

Dirinya dipertemukan dengan sang istri ketika menempuh pendidikan spesialis yang mengharuskan bekerja sama dalam menuntaskan sebuah permasalahan bersama. Dari pertemuan itu, keduanya sering berdiskusi perihal kesehatan dan berlanjut hingga kini.

"Saya sering dijadikan alat oleh istri saya ini. Kowe moco ndisik, nek kowe wes ngerti, ajari aku (Kamu baca dulu, kalau sudah mengerti, ajari aku). Akhirnya beliau jadi paham tentang onkologi itu seperti apa," ujar Prof. Gatot.

Sementara itu, Prof. Laksmi Wulandari menambahkan bahwa mereka juga ikut berkolaborasi dalam pengembangan Vaksin Merah Putih yang digagas oleh Unair.

Baca juga: Rektor tekankan pentingnya kontribusi pendidikan pada profesor baru
Baca juga: Unair terima 2.672 mahasiswa baru Jalur SNBT 2023

Hal itu menjadi anugerah tersendiri karena bidang keilmuan yang keduanya miliki saling berkaitan. Prof Laksmi berfokus pada paru dan Prof. Gatot berfokus pada imunologi vaksin.

Prof. Laksmi mengaku bangga dapat ikut menjadi bagian dari pengembangan Kesehatan di Indonesia. Apalagi Vaksin Merah Putih merupakan karya anak bangsa yang dikembangkan di dalam negeri oleh peneliti dari Indonesia pula.

Vaksin yang dikembangkan pun sebagai bentuk hilirisasi bukan hanya dalam bentuk penelitian, namun menjadi sebuah produk yang dapat digunakan.

"Sampai saat ini pun masih terus meneliti untuk subjek-subjek lainnya. Kalau kemarin itu kan dewasa (vaksin), saat ini remaja dan nanti akan berlanjut ke anak-anak. Diharapkan kita memiliki vaksin yang berasal dari virus asli Indonesia Prof. Laksmi.

Sebagai tambahan, Prof. Gatot Soegiarto merupakan guru besar dalam bidang ilmu Imunologi Vaksin dan Alergi Imunologi. Sementara Prof. Laksmi Wulandari merupakan guru besar dalam bidang ilmu Onkologi Paru. Keduanya merupakan dokter yang mengabdi di RS Dr Soetomo Surabaya.

Baca juga: CoFilm+ berawal dari tugas kuliah, kini bernilai Rupiah
Baca juga: Tujuh mahasiswa Unair sabet "Gold Award" di Malaysia


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023