Canva Apps SDK kini tersedia untuk umum dan pengembang dapat bergabung ke daftar tunggu API Canva Connect (REST) pertama

San Francisco (ANTARA/Business Wire)- Canva adalah satu-satunya platform komunikasi visual serbaguna di dunia. Hari ini Canva menjadi tuan rumah konferensi pengembang yang pertama kali diadakannya, yaitu Canva Extend di San Francisco. Perusahaan ini memperkenalkan Canva Developers Platform (Platform Pengembang Canva) terbaru berisi serangkaian alat API dan alat pengembangan. Dengan platform ini, pengembang dapat menempatkan aplikasi atau platform mereka di tangan 135 juta pengguna aktif bulanan Canva. Canva juga mengumumkan Canva Developers Innovation Fund (Dana Inovasi Pengembang Canva) senilai $50 juta untuk mendukung pengembang aplikasi dalam menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan inovatif bagi komunitas Canva.

Canva mengungkap banyak cara bagi pengembang untuk membangun di platform ini, dan merilis Canva Apps SDK (Software Development Kit) untuk digunakan oleh publik. Selain itu, Canva mengumumkan Canva Connect API (REST API) pertama yang akan tersedia akhir tahun ini, meluncurkan pustaka Canva Apps SDK UI dan melakukan pratinjau rencana API perusahaan.

Canva Apps SDK menggunakan versi beta selama sembilan bulan terakhir, dengan lebih dari 11.000 pengembang di daftar tunggu. Saat ini, mereka yang ada di daftar tunggu dan yang ingin membuat atau mengintegrasikan aplikasi mereka ke Canva dapat mengakses langsung ke komunitas global yang selalu ingin mendesain lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menyederhanakan alur kerja mereka. Canva mengundang pengembang di seluruh dunia untuk bergabung dengan pengembang Canva mulai hari ini di sini.

Canva juga menyumbang $50 juta bagi Canva Developers Innovation Fund pertamanya melalui investasi untuk pengembang aplikasi yang kreatif dan inovatif, dan membantu mereka menghadirkan pengalaman baru ke komunitas Canva. Dengan tujuan mempercepat pertumbuhan dan penggunaan aplikasi di Canva, dana ini akan memberikan dukungan dalam bentuk hibah moneter dan bimbingan pakar serta berfokus pada pemberdayaan pengembang yang kurang terwakili di pasar global.

“Kami sangat antusias terhadap momentum dari hasil kerja sama dengan para mitra beta untuk menyederhanakan pembuatan aplikasi di Canva,” kata Anwar Haneef, Kepala Ekosistem di Canva. “Dengan membuka mesin desain kami kepada lebih banyak komunitas pengembang, kami dapat menyalurkan aplikasi dan layanan mereka di waktu nyata kepada jutaan pengguna Canva. Mereka dapat menggunakan umpan balik dan kreativitas yang berharga dari komunitas kami, yang akan memetik manfaat dari berbagai cara baru untuk mencapai tujuan mereka.”

Canva Connect API

Canva Connect API, yaitu REST API pertama milik Canva, akan menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bagi tim yang menggunakan Canva. Dalam waktu dekat, pengembang akan dapat menghubungkan aplikasi apa pun ke Canva untuk menyinkronkan desain, aset, komentar, dan lain-lain tanpa kendala di seluruh platform ini. Connect API juga akan memungkinkan pengelolaan file dan desain yang disederhanakan, dapat mengunggah aset secara terprogram ke folder Canva agar tim dapat mendesain lebih cepat, atau mengakses desain Canva yang telah selesai dari mana saja, dan mempublikasikannya dalam semua format. Mulai hari ini, pengembang dapat bergabung di daftar tunggu untuk menjadi salah satu pengembang pertama yang mengakses dalam versi beta akhir tahun ini.

Canva Apps SDK dan Apps API

Hari ini, Canva memindahkan SDK-nya dari versi beta agar lebih banyak pengembang dan platform dapat membuat Canva Apps dengan mudah. Dengan Starter Kit ini, pengembang dapat mengaktifkan dan menjalankan aplikasi pertama mereka hanya dalam beberapa menit, dan memperluasnya dengan API Canva yang dibuat khusus. Kini pengembang dapat membuat orang-orang mengambil, menambahkan konten, mengedit desain mereka, mengotentikasi pengguna, mengekspor dan mempublikasikan, serta menyediakan data melalui Canva Apps.

Selama sembilan bulan, Canva bekerja sama dengan komunitas pengembang dalam program beta untuk membuat aplikasi baru yang memicu kreativitas dan merampingkan alur kerja saat mendesain di Canva. API yang digunakan untuk membuat aplikasi beta ini telah disempurnakan dan di Canva Extend, perusahaan mengumumkan bahwa API berikut ini sudah tersedia untuk umum:

  • Aset: Unggah media ke pustaka media pengguna dengan Asset API agar lebih cepat dan efisien.
  • Data: Gunakan API Data untuk menjadi sumber data dan memperlancar pengimporan data.
  • Desain: Design API dapat membuat alat desain baru yang menambahkan konten pada desain, membaca dan mengedit apa yang sudah ada, atau pengguna Anda dapat mengekspor dan menerbitkan desain mereka guna melengkapi alur manajemen konten secara menyeluruh.
  • Fetch: Kirim permintaan HTTP ke server pihak ketiga dengan Fetch, API web serbaguna untuk tugas seperti integrasi dengan layanan eksternal dan memindahkan tugas ke server.
  • Pengguna: Atasi kesenjangan dengan User API. Jaga keamanan aplikasi Anda dan izinkan pengguna mengotentikasi melalui platform Anda.

Aplikasi AI pada Canva

Sebagaimana halnya dengan alat-alat Canva yang didukung AI, Aplikasi AI di Canva mengoptimalkan proses kreatif dan lebih mudah mewujudkan ide. Canva Apps API baru ini dibuat untuk mendukung pengembang aplikasi AI dengan berbagai kemampuan AI yang ditargetkan. Kian banyak permintaan atas Canva Apps yang didukung AI - hanya dalam sembilan bulan, lebih dari 200 juta gambar unik dihasilkan oleh produk AI generatif kami seperti Text to Image dan Magic Edit.

Rangkaian aplikasi AI di Canva telah diperluas dengan peluncuran aplikasi audio AI baru-baru ini seperti Soundraw, dan D-ID, yang membuat avatar buatan AI untuk digunakan dalam presentasi, postingan di media sosial, infografis, CV digital, dan lain-lain. Aplikasi dari Murf AI, Neiro AI, Play HT, vAIisual akan segera diluncurkan untuk semakin meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna Canva.

Canva Apps Baru dan yang Akan Datang

Di Canva Extend, perusahaan juga memamerkan lebih dari 20 aplikasi yang tersedia di Canva selama beberapa minggu terakhir atau akan segera hadir. Meliputi semua, mulai dari manajemen file tanpa kendala dan akses ke aset yang disimpan di Brandfolder atau Sharepoint, hingga menerbitkan majalah secara langsung dari Canva ke Issuu.

“Jumlah perusahaan maupun individu yang menggunakan Issuu untuk mengubah, menghosting, dan berbagi konten yang dibuat di Canva telah meningkat empat kali lipat dalam dua tahun terakhir," kata Joe Hyrkin, Chief Executive Officer Issuu. "Karena semakin banyak kanal media sosial menjangkau audiens, berbagai perusahaan memahami perlunya membuat konten satu kali dan berbagi di mana saja. Integrasi Canva yang baru ini akan menyederhanakan alur kerja bagi pembuat konten dan Canva Apps API serta alat pengembang yang baru, sehingga lebih mudah melayani sejumlah besar pelanggan gabungan yang kian mengandalkan dua platform kami.”

Berikut adalah aplikasi baru dan penting yang sudah tersedia:

  • Acquia by Widen - Hubungkan akun Anda agar dapat membawa aset merek Anda ke Canva tanpa kendala.
  • Bingo Cards - Masukkan daftar kata, atau pilih dari contoh yang kami sediakan, lalu buat satu set kartu bingo khusus.
  • Brandfolder - Rencanakan, jelajahi, dan cari aset gambar dan aset video Brandfolder Anda untuk digunakan di Canva.
  • Bynder - Rencanakan, jelajahi, dan cari aset gambar dan aset video Bynder Anda untuk digunakan dalam desain Canva.
  • Code Format - Buat gambar syntax highlight kode Anda dan gunakan dalam desain Anda dengan menempelkan kode sumber dari bahasa pemrograman apa pun.
  • D-ID AI Presenters - Buat desain Anda lebih menarik dan mengundang dengan Al Presenters oleh D-ID. Pilih presenter atau unggah milik Anda, cantumkan teks, dan plugin kami akan menghasilkan presenter Al dalam sekejap.
  • DataPocket -  Akseslah gambar katalog produk Anda atau informasi harga dari platform e-commerce terkemuka secara langsung di Canva untuk membantu Anda mendesain gambar media sosial, spanduk iklan, dan lainnya.
  • Kode QR Dinamis - Tambahkan kode QR keren yang didukung oleh Hovercode pada desain Anda tanpa perlu keluar dari Canva.
  • Flowcode - Dorong dan ukur keterlibatan konsumen dengan materi digital dan materi cetak Anda dengan memasukkan kode QR Flowcode yang disesuaikan.
  • Google Drive - Akses file dan aset Anda dari dalam Canva dengan aplikasi yang diperbarui ini, dan unggah desain yang telah selesai langsung ke Google Drive Anda.
  • Issuu - Lihat publikasi Issuu yang ada dan amati analitik untuk membantu Anda merencanakan desain berikutnya, atau publikasikan desain Anda ke Issuu.
  • Mockups - Hidupkan desain Anda dengan generator mockup produk gratis.
  • Sharepoint - Hubungkan akun SharePoint Anda ke Canva dan akses sistem file Anda untuk menambahkan file dengan mudah ke desain Canva.
  • Soundraw - Buat lagu atau ketukan unik untuk desain Canva Anda dengan menggunakan AI Soundraw.
Aplikasi yang segera hadir di Canva:

  • Amazon - Tambahkan gambar dari daftar Amazon ke desain Canva Anda, kemudian periksa berdasarkan pedoman Amazon sebelum menerbitkannya ke Amazon Creative Asset Library.
  • Bitly - Buat URL singkat dan Kode QR langsung di Canva.
  • Frontify - Akses aset Anda dengan mudah dari perangkat lunak manajemen merek Frontify untuk digunakan di Canva, dan unggah desain langsung ke Frontify setelah selesai.
  • HeyGen - Buat video juru bicara yang didukung AI untuk Canva.
  • Later.com – Eksporlah desain Canva Anda ke Later untuk ditampilkan di Media Sosial.
  • Murf AI - Tambahkan voiceover ke desain Canva Anda, mulai dari video hingga presentasi hanya dalam hitungan menit.
  • Neiro AI - Buat video di Canva dengan menggunakan avatar digital hiper-realistis.
  • PatternedAI - Buat pola unik untuk desain Canva Anda dengan menggunakan PatternedAI.
  • PlayHT - Ubah desain Canva Anda menjadi presentasi multimedia yang imersif, demo produk, dan konten media sosial yang menarik dengan suara AI ultra-realistis dan tiruan suara.
  • soona - Perluas alur kerja konten Anda dengan gambar dan video produk dari soona dengan membawanya ke ruang desain Canva tanpa kendala.
  • PeopleMaker by vAIsual - Alat canggih untuk membuat model manusia sintetis kustom dan realistis untuk desain Canva Anda.
  • SwayTribe - Cara yang mudah untuk mengakses analitik Instagram di Canva.
  • VNTANA - Dengan VNTANA 3D Embed Tool, Anda dapat menyematkan model 3D dari Platform VNTANA secara langsung ke desain Canva.
Tentang Canva

Canva diluncurkan pada tahun 2013 sebagai platform komunikasi dan kerja sama visual online dan gratis dengan misi memampukan semua orang di dunia untuk mendesain. Canva menampilkan antarmuka pengguna yang sederhana dengan cara seret dan lepas dan berbagai macam templat. Mulai dari presentasi, dokumen, situs web, grafis media sosial, poster, pakaian hingga video, dan banyak sekali pilihan font, stok foto, ilustrasi, rekaman video, dan klip audio, siapa pun boleh menggunakan ide dan menciptakan sesuatu yang indah.


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Kontak

Kontak Pers
Olivia Johnson - oliviajohnson@canva.com



Sumber: Canva


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023