Jakarta (ANTARA) - Pereli Ricardo Gelael memperbaiki catatan waktu pada saat shakedown atau uji coba mobil dengan 1 menit 23,9 detik di Aek Nauli, Sumatra Utara, Kamis atau sebelum resmi berlomba di Kejurnas Reli Danau Toba atau KFC Danau Toba Rally 2023 pada Sabtu-Minggu (24-25/6).

Catatan waktu pada hari ini tersebut membuat Ricardo berada di posisi keempat secara keseluruhan sekaligus memperbaiki pencapaian tahun lalu di lokasi yang sama. Kala itu, pada dua kali melakukan run saat shakedown masing-masing menorehkan 1 menit 30 detik dan 1 menit 27,9 detik.

Ricardo menganggap uji coba pada hari ini sebagai latihan mendapatkan ritme. Dia pun mengikuti saran yang diberikan sang anak Sean Gelael yang terbiasa menggunakan mobil Citroen C3 R5.

"Pelan-pelan saya merasakan apa yang dikatakan Sean (Gelael) itu benar. Saya berlatih mencari ritme mengemudi Citroen ini. Saya juga merasa cocok dengan Hugo Magalhaes, yang bisa membuat dan menyesuaikan pace note yang cocok buat saya," ujar Ricardo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Sean Gelael dukung ayah tampil maksimal di Reli Danau Toba 2023

Hugo Magalhaes Ismael selama ini memang menjadi co-driver bagi Sean pada beberapa kali mengikuti Reli Danau Toba. Pria Portugal itu mengaku sudah mengantisipasi perbedaan antara Ricardo dan Sean, dalam banyak hal.

Selain Ricardo, beberapa pebalap nasional siap berlomba pada Kejurnas Reli Danau Toba 2023. Wakil tuan rumah, Musa "Ijeck" Rajekshah salah satu di antaranya. Wakil Gubernur Sumatra Utara ini masih mengendarai Skoda Fabia bersama co-driver Hervian Soedjono.

Ryan Nirwan (Toyota), Bintang Barlean (Subaru), H Rahmat (Hyundai), dan Rihans Variza (Ford) adalah beberapa nama lain yang meramaikan KFC Danau Toba Rally 2023 dengan beragam pabrikan.
Jadwal KFC Danau Toba Rally 2023

LEG I
Sabtu, 24 Juni
SS1: Negeri Dolok 1
SS2: Huta Tonga 1
SS3: Aek Nauli Gorbus 1

SS4: Negeri Dolok 2
SS5: Huta Tonga 2
SS6: Aek Nauli Gorbus 2

LEG II
Minggu, 25 Juni
SS7: Negeri Dolok Reverse
SS8: Huta Tonga Reverse
SS9: Aek Nauli Gorbus Reverse

Baca juga: Ricardo Gelael tampil gemilang dan sukses ke podium Reli Danau Toba

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023