Jakarta (ANTARA) - Meta melakukan pembaruan pada perangkat lunak headset realitas virtual (virtual reality) Quest 2 dan Quest Pro dengan menghadirkan v55 yang dapat meningkatkan performa kedua produk itu.

Dikutip dari The Verge, Kamis (22/6) waktu setempat, pembaruan tersebut memungkinkan Quest 2 mengalami peningkatan kecepatan GPU sebesar 19 persen sementara kecepatan GPU Quest Pro bertambah 11 persen. Selain itu, performa CPU pada kedua headset tersebut juga meningkat hingga 26 persen.

Dengan performa GPU dan CPU yang lebih baik maka pengguna Quest 2 dan Quest Pro dapat memainkan gim dengan lebih mulus serta menggunakan sistem UI yang lebih responsif.

Selain itu, turut dihadirkan fitur Dynamic Resolution Scaling yang dapat memproses piksel lebih padat namun tetap mempertahankan frame rates sehingga penggunaannya dapat memainkan gim dengan mulus meskipun pada resolusi tinggi.

Pada pembaruan v55, fitur Explore pada Quest 2 dan Quest Pro kini menampilkan berbagai konten dari media sosial di bawah naungan Meta yaitu Facebook dan Instagram yang meliputi video pendek hingga Reels.

Baca juga: Meta turunkan usia minimum pengguna Quest headset menjadi 10 tahun

Dunia realitas virtual buatan Meta yaitu Horizon Worlds yang bisa dinikmati melalui dua headset tersebut menambah tempat baru yang dapat dijelajahi serta beragam opsi baru untuk penampilan dari karakter virtual pengguna.

Jika pada versi v54 perangkat lunak headset Quest sebatas dapat menampilkan notifikasi dari aplikasi non-VR seperti Messenger, kini Meta menambahkan aplikasi Messenger pada Quest 2 dan Quest Pro sehingga pengguna dapat langsung membuka aplikasi tersebut via headset tanpa harus melepasnya.

Fitur baru lainnya terdapat pada aplikasi Meta Quest Browser yang kini memungkinkan penggunanya untuk memperbesar, memperkecil, dan berinteraksi dengan elemen pada layar dengan gestur tangan.

Pada awal Juni lalu, Meta mengumumkan peluncuran headset realitas virtual teranyar yaitu Quest 3 yang akan tersedia pada musim gugur tahun ini.

Headset tersebut memiliki profil optik 40 persen lebih ramping dibandingkan pendahulunya dan dibekali chip Snapdragon generasi baru yang meningkatkan performa grafis hingga dua kali lipat.

Baca juga: Meta Quest 3 meluncur seharga Rp7.4 jutaan
Baca juga: Meta akan fokus di tiga area prioritas pada 2023
 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023