Jakarta (ANTARA/JACX) – Pertandingan FIFA Match Day Indonesia melawan Argentina yang diselenggarakan 19 Juni lalu tidak menghadirkan pemain yang dijuluki Greatest of All Time (GOAT) , Lionel Messi yang membuat sejumlah penonton kecewa.

Sebuah unggahan video beredar di media sosial TikTok menyatakan bahwa Messi disemprot oleh FIFA karena tidak ikut bermain di FIFA match day 19 Juni 2023.Video tersebut menunjukan Presiden FIFA, Gianni Infantino mengaku dirinya mengecam dan menyayangkan Messi yang batal ke Indonesia.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“FIFA SEMPROT MESSI!! Presiden FIFA (Gianni Infantino) Kecam Lionel Messi Karna Tidak Main Di Indonesia.”

Namun, benarkah FIFA kecam Messi karena tidak ikut bermain di match day Indonesia?

 

Unggahan video hoaks yang menyatakan FIFA mengecam Messi karena tidak datang ke Indonesia. Faktanya, video tersebut merupakan editan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video aslinya merupakan Gianni yang membahas mengenai penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar, seperti yang terdapat dalam YouTube Guardian Football yang berjudul "I feel Qatari, I feel gay': Infatino defends Fifa decision to host World Cup in Qatar".

Video tersebut direkayasa dengan mengisi ulang suara dari Gianni Infantino, sehingga ia seolah sedang membahas mengenai Messi yang batal berkunjung ke Indonesia.

Dengan demikian, video yang menarasikan FIFA kecam Messi karena tidak main di Indonesia merupakan keliru.

Klaim: FIFA kecam Messi karena tidak main di Indonesia

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Anies ajak masyarakat tolak Timnas Argentina

Cek fakta: Hoaks! Messi tiba di Jakarta, langsung disambut Jokowi

Baca juga: Omzet UMKM dan pedagang selama nobar di Jember mencapai Rp1,5 miliar

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023