Jakarta (ANTARA/JACX) – FIFA Match Day Indonesia melawan Argentina akan diselenggarakan di GBK pada 19 Juni mendatang.

Pertandingan itu ramai dibicarakan, terutama terkait kedatangan bintang utama pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.

Sebuah unggahan YouTube menarasikan bahwa Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk menolak kedatangan Timnas Argentina. Selain itu, Anies juga mengajak Timnas Indonesia untuk tidak datang latihan.

Berikut narasi dalam unggahan video tersebut:

“Anies Baswedan Ajak Masyarakat Tolak Timnas Argentina Bahkan Pemain Pun Dibujuk Tak Datang Latihan!!”

Namun, benarkah Anies ajak masyarakat tolak kedatangan Timnas Argentina?

 

Unggahan video hoaks yang menyatakan Anies mengajak masyarakat untuk menolak kedatangan Timnas Argentina. Faktanya, isi video dan narasi judul tidak sesuai. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video berdurasi 10 menit tersebut tidak ada pernyataan ataupun informasi mengenai Anies Baswedan mengajak masyarakat menolak Timnas Argentina mendatang.

Dalam video tersebut hanya terdapat Konfersi Pers Erick Thohir pada 24 Mei terkait kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia, serupa dengan video di akun PSSI. Selain itu, terdapat video podcast Dahlan Iskan bersama Anies yang berjudul “Dahlan Iskan Iri, Anies Baswedan Tuntaskan Proyek Stadion Megah: Jakarta International Stadium (JIS)”.

Narator juga membacakan artikel dari Populis yang berjudul “PSSI Undang Argentina, Eh Anies Disuruh Lobi Real Madrid Sampai Barcelona Buat Main ke Indonesia ‘Lagi’: Setahun Lalu Mereka Main ya di JIS?”. Artikel tersebut berisi Imbas aksi PSSI berhasil mengundang Argentina untuk bermain ke Indonesia membuat nama Anies Baswedan menjadi ikut tersorot. Hal itu berkaitan janji lawasnya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies pernah menyebut bahwa ia akan mendatangkan sejumlah klub sepak bola top dari Eropa, yaitu Juventus, Real Madrid, dan Barcelona.

Dengan demikian, unggahan yang menyatakan Anies ajak masyarakat tolak Timnas Argentina merupakan keliru.

Klaim: Anies ajak masyarakat tolak Timnas Argentina

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Messi tiba di Jakarta, langsung disambut Jokowi

Cek fakta: Disinformasi! Messi beri komentar pedas jelang laga Indonesia vs Argentina

Baca juga: INDEF: Perputaran ekonomi timnas vs Argentina diproyeksi tembus Rp500 Miliar

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023