wujud perhatian Pemerintah Pusat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buru
Ambon (ANTARA) - Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, mendampingi Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Letjen TNI Purn (H.C) Doni Monardo meninjau bakti sosial (Baksos) di RSUD Namlea, Desa Lala, Namlea, Kabupaten Buru, Maluku.

"Baksos ini berfokus pada layanan operasi katarak, operasi bibir sumbing dan pemeriksaan gigi gratis, serta pembagian bantuan sembako," ujar Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Jumat.

Kasdam yang mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa menjelaskan bahwa kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak, mulai dari PPAD, Sekretariat Wakil Presiden (Seswapres) RI hingga perusahaan swasta setempat.

Baksos pelayanan kesehatan ini pun, disambut antusias oleh masyarakat yang mengikuti pengobatan gratis, operasi bibir sumbing, operasi katarak, gigi dan pasien umum.

"Pelaksanaan operasi maupun pengobatan gratis ini, dilakukan tim yang profesional, dan menggunakan obat-obatan serta peralatan yang mutakhir," jelasnya.

Baca juga: Pangdam Pattimura harap bendungan Way Apu jadi objek wisata unggulan
Baca juga: Kodam Pattimura salurkan bantuan untuk ponpes dan panti asuhan Ambon


Dalam kegiatan tersebut, tidak lupa, Kasdam berserta jajaran dan Pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih, kepada seluruh Tim PPAD, maupun Tim Relawan Dokter, yang telah melaksanakan berbagai macam kegiatan kemanusiaan untuk masyarakat Pulau Buru.

“Ini merupakan bukti nyata, wujud perhatian Pemerintah Pusat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buru," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum PPAD Letjen TNI Purn (H.C) Doni Munardo, telah mengunjungi Pemerintah Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan para Tokoh Masyarakat di Desa Dava, terkait permasalahan tambang, yaitu Gunung Botak.

Dalam pertemuan itu dibahas perihal pengelolaan gunung botak sehingga dapat memberikan manfaat bukan hanya bagi daerah, tapi juga masyarakat Pulau Buru. Selain itu, juga dilakukan penanaman pohon sukun dan pohon kenari di Desa Dava, agar kelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Buru dapat terjaga dengan baik.

Baca juga: Kodam XVI Pattimura aksi bersih sungai di Ambon peringati HUT ke-24
Baca juga: Kodam XVI Pattimura aksi bersih sungai di Ambon peringati HUT ke-24

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023