Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail menekankan bahwa kualitas dan integritas merupakan kunci dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

"Kualitas layanan dan integritas ini adalah dua kata kunci yang sangat penting," ujar Ismail di Jakarta, Jumat

Ismail mengungkapkan bahwa inovasi perizinan dan pelayanan publik terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan integritas layanan. Salah satu fokus utama adalah memastikan kualitas proses perizinan yang cepat, tanpa berbelit-belit, dan berkualitas.

Dia berkomitmen agar tidak ada lagi persyaratan yang diulang-ulang bagi pemohon yang sudah terbiasa mengajukan proses perizinan di Direktorat Jenderal (Ditjen) SDPPI. Dengan implementasi sistem Online Single Submission (OSS), data pemohon sudah tercatat dan terekam sehingga diharapkan tidak ada lagi kebutuhan untuk mengulang persyaratan yang sebenarnya sudah ada dalam sistem.

Baca juga: Dirjen SDPPI: Pemerintah fasilitasi pembangunan fiber optik

Selain itu, kata Ismail, integritas menjadi hal yang sangat penting dalam pelayanan publik. Kementerian berupaya agar seluruh proses pelayanan perizinan dijamin tidak melibatkan hal-hal di luar ketentuan resmi.

Kementerian juga melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi peluang yang tidak benar untuk mendapatkan keuntungan dari proses perizinan.

Ismail mengatakan Ditjen SDPPI terus berupaya merancang sistem untuk mengurangi potensi tersebut dan memberikan jaminan kepada publik bahwa tekad untuk menjaga integritas benar-benar terimplementasi di lapangan.

Dalam menjalankan berbagai jenis pelayanan, Ditjen SDPPI terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu layanan perizinan spektrum frekuensi radio dan layanan perizinan standarisasi perangkat telekomunikasi. Inovasi dan pengembangan terus dilakukan secara berkelanjutan dalam kedua bidang itu.

"Jadi, ini adalah sebuah proses yang never ending process, yang terus-menerus karena room of improvement (ruang untuk perbaikan) terhadap kualitas dan upaya-upaya menjaga integritas itu akan terus berlanjut," ucap Ismail.

Dirjen SDPPI menegaskan tekadnya untuk terus berinovasi dan memperbaiki pelayanan publik guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta membangun kepercayaan yang kuat terhadap institusi tersebut.

Direktorat Jenderal SDPPI hari ini meluncurkan sejumlah inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Inovasi tersebut yakni Next Generation Spectrum Licensing and Certification, New Loket Pelayanan Publik, dan implementasi teknologi robotika berbasis kecerdasan buatan.

Baca juga: Kominfo tinjau progres pembuatan satelit di Boeing dan SpaceX

Baca juga: Mahfud MD tegaskan SATRIA-1 buka era konektivitas digital di seluruh tanah air

Baca juga: Kemkominfo-Siberkreasi gelar edukasi literasi digital warga Banyuwangi

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023