Berlin (ANTARA News) - Pemerintah Jerman sedang menyelidiki kemungkinan penipuan berskala besar tentang pemberian label organik pada telur.

Penyelidikan dilakukan terhadap 150 peternakan di negara bagian Lower Saxony dan 50 negara bagian lain untuk mengetahui apakah ada pelanggaran peraturan produksi telur organik.

Menurut peraturan Jerman, telur organik mesti diproduksi, di mana tiap hewan di peternakan hidup di ruang yang tidak boleh kurang dari empat meter persegi.

Namun, sebagian peternak telah memelihara lebih banyak hewan dari yang diizinkan.

"Jika dugaan itu terbukti benar, maka berarti kami berbicara mengenai penipuan berskala besar," kata Menteri Pertanian dan Perlindungan Konsumen Jerman Ilse Aigner di dalam satu pernyataan pada Senin, sebagaimana dikutip Xinhua.

Ditambahkannya, pemerintah negara bagian mesti menjamin pelaksanaan penuh peraturan Jerman dan Uni Eropa mengenai produksi makanan organik.

Makanan organik berarti standard produksi lebih tinggi dan disambut baik oleh konsumen yang sadar akan kesehatan di Jerman sekalipun mereka harus membayar harga yang lebih mahal.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013