Mengimbau agar seluruh pengguna KA tetap memakai masker demi kesehatan bersama terlebih bila pengguna tidak sehat.
Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan sebanyak 31.312 tiket kereta api menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah dan masa libur sekolah 2023.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, di Palembang, Jumat, mengatakan pada masa libur sekolah kenaikan kelas dan juga masa libur bersama Hari Raya Idul Adha Tahun 2023, KAI Divre III Palembang siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan bepergian dengan menyiapkan 31.312 tiket untuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang, dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP) periode keberangkatan dari tanggal 19 Juni sampai tanggal 1 Juli 2023.

Pada masa liburan tersebut, penumpang yang akan bepergian menggunakan kereta api dari berangkat dari wilayah Divre III mengalami kenaikan bila dibanding dengan hari biasa. Untuk tiket yang tersedia sudah terjual sebanyak 31.110 tiket atau 99 persen bahkan untuk KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa sudah terjual habis sampai tanggal 6 Juli 2023.

Berkaitan dengan persyaratan perjalanan kereta api, PT KAI Divre III Palembang memberlakukan syarat perjalanan baru naik kereta api berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Berdasarkan surat edaran tersebut, seluruh pengguna kereta api di wilayah Divre III dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19. Saat berada di stasiun ataupun di kereta, pengguna diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19.

Namun, PT KAI Divre III Palembang tetap mengimbau agar seluruh pengguna KA tetap memakai masker demi kesehatan bersama terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat.

Pelanggan yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, atau kanal penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI mulai H-45 sebelum keberangkatan KA.

"KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan mulai dari pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya, karena moda transportasi kereta api memiliki banyak keunggulan. Di antaranya mengutamakan keselamatan, keamanan, nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan,” kata Aida pula.
Baca juga: KAI Palembang: Penumpang kereta api boleh tak bermasker
Baca juga: PT KAI Palembang memberlakukan Gapeka per 1 Juni 2023

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023