Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Johor Bahru Sigit Suryantoro Widiyanto mengapresiasi sekaligus mendukung mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar yang melakukan praktik kerja nyata (PKN) dalam industri perhotelan di Johor Bahru, Malaysia.

Mahasiswa Poltekpar Makassar dapat memanfaatkan kesempatan magang sebaik mungkin untuk mengasah dan meningkatkan ilmu dan keterampilan dalam bidang jasa yang menyediakan pelayanan bagi tamu yang tidak dapat digantikan perannya oleh kecanggihan teknologi Artificial Intelligent (AI), kata Sigit di Johor Bahru, Jumat.

Dia meminta Poltekpar Makassar mengundang pelajar dan mahasiswa Malaysia untuk belajar di Makassar sehingga pertukaran pengalaman dilakukan berimbang demi memajukan industri jasa dua negara.

Poltekpar Makassar menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Hotel Granada di Johor Bahru untuk PKN mahasiswanya.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin dengan General Manager Granada Hotel Adrian Ng dan Direktur HR Care Luxury Sdn. Bhd. Irwan yang disaksikan oleh Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KJRI Johor Bahru Mohamad Rizali Noor.

Baca juga: Konjen RI: UT sarana bagi pekerja migran untuk jadi pengusaha

Muhammad Arifin mengatakan praktik kerja nyata mahasiswa di luar negeri sudah dilaksanakan sejak lama, namun terhenti sejak pandemi COVID-19 melanda.

Dia mengatakan kerja sama ini membuat mahasiswa Poltekpar Makassar mendapatkan lagi kesempatan melaksanakan praktik kerja nyata dalam industri di luar negeri, apalagi ada dukungan penuh dari KJRI Johor Bahru.

Arifin menambahkan bahwa kerja sama ini terwujud berkat fasilitasi KJRI Johor Bahru yang telah mempertemukan Poltekpar dengan industri Perhotelan.

Fasilitasi KJRI membuat proses pengiriman siswa PKN ke luar negeri menjadi lebih aman dan murah, karena tidak lagi tergantung kepada pihak ketiga yang selama ini menjadi penghubung Poltekpar dengan industri perhotelan Malaysia, ujar dia.

Selain menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa hotel, manajemen Poltekpar Makassar juga menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Malaysia dan mengunjungi Management and Science University (MSU) di Shah Alam, Malaysia.

Baca juga: Konjen RI tantang PPI Johor gelar Malam Indonesia secara rutin

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023