Yogyakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Johor Bahru Sigit S Widiyanto mengatakan penyelengaraan kegiatan Gebyar Seni Reog Ponorogo di Johor Bahru menjadi alat pemersatu.

“Sehingga diharapkan pertunjukan Reog ini dapat meningkatkan kebersamaan sesama warga Indonesia di Malaysia sekaligus meningkatkan hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia,” kata  Sigit dalam keterangannya yang diterima di Yogyakarta, Minggu (10/12) malam.

Dalam sambutan di pembukaan Gebyar Seni Reog Ponorogo yang terlaksana di lobi Plaza Angsana Mall Johor Bahru, ia mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan itu membuktikan bahwa pelestarian budaya adalah tanggung jawab semua pihak bukan hanya Pemerintah Indonesia.

Ia memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia di Johor yang tetap aktif memperkenalkan budaya bangsa.

Sementara itu, Ahli Dewan Undangan Negeri (ADUN) Johor untuk Semarang Parlemen Ayer Hitam Samsol Bahri Jamali  mengakui berbagai kontribusi WNI di Malaysia dan peranannya dalam mengembangkan budaya Indonesia di Malaysia.

Ia mengapresiasi  inisiatif kegiatan itu dan menyatakan dukungannya atas kegiatan-kegiatan budaya yang akan datang. Ia juga berharap kegiatan semacam itu dapat dilakukan secara rutin.

Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo), salah satu organisasi masyarakat (ormas) Indonesia, dalam rangka memperingati ulang tahun ke-7 berinisiatif menggelar Gebyar Seni Reog Ponorogo.

Kegiatan itu berkembang menjadi promosi budaya Indonesia dan melibatkan masyarakat Indonesia di delapan ormas lainnya yaitu, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI), Persatuan Relawan Indonesia Maju (PRIM), Sahabat Indonesia, Pagar Nusa dan Komunikasi Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOMI).

Selain Reog, kegiatan seni itu juga menampilkan pula pencak silat dan beberapa tarian seperti Tari Srikandhi, Jathilan, Tari Bujang Ganong.

Selain pertunjukan budaya terdapat pula kegiatan diskusi tentang sejarah dan perkembangan reog Ponorogo di Malaysia dengan mendatangkan narasumber dari Malaysia, Indonesia dan Pawargo.

Hadir sebagai tamu undangan yaitu ADUN Johor untuk Semarang Parlemen Ayer Hitam Samsol Bahri Jamali, Pengarah Jabatan Kebudayaan Negeri Johor Rahmat Md Noh dan Ketua Pemuda UMNO Air Hitam Lokman Junaidi.

Selain masyarakat Indonesia yang sengaja datang menonton, acara Gebyar Reog Ponorogo itu juga menarik perhatian pengunjung Angsana Mall yang menjadi lokasi favorit warga negara Singapura dan Malaysia.

Keterangan itu menyebut, mereka terlihat antusias mengikuti jalannya acara sejak dimulai pukul 14.00 sampai dengan berakhir pada pukul 18.00 waktu setempat.

Baca juga: Reog Ponorogo pukau warga Thailand dalam Indonesian Cultural Night
Baca juga: KSP kawal usulan Reog Ponorogo sebagai WBTB UNESCO
Baca juga: Menteri Muhadjir sebut Reog Ponorogo layak jadi warisan dunia

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023