Jakarta (ANTARA) - Kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) menggelar "flashmob" menyambut puncak Peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu.

"Flashmob" tampak mengedepankan aspek kenusantaraan. Adapun gerakan dipimpin pria yang mengenakan pakaian merah khas tokoh pewayangan.
 
Aspek Nusantara semakin kental saat ibu-ibu mengikuti gerakan dari pemimpin tarian karena mereka terlihat mengenakan bawahan batik dengan corak berbeda-beda dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Tidak hanya itu, aspek Nusantara semakin terlihat dengan lagu yang diputar untuk "flashmob" di depan pintu masuk Zona 1A Pintu 47-48 Stadion GBK.
 
Lagu awal yang diputar dalam "flashmob" ialah "kicir-kicir" dan diketahui menjadi tembang dari daerah DKI Jakarta.
 
Berikutnya, lagu yang diputar ialah "gethuk" khas Jawa dan selanjutnya tembang "manuk dadal"i dari Jawa Barat dimainkan sebagai pengantar "flashmob".

Baca juga: Pertunjukanseni dan budaya awali Puncak Bulan Bung Karno 2023
Baca juga: PDIP libatkan UMKM dalam puncak Bulan Bung Karno 2023
 
Beberapa kader PDIP lain terlihat berjalan kaki untuk menuju area dalam Stadion GBK ketika" flashmob" digelar.
 
Namun, mereka sedikit menggoyangkan badan ketika lagu-lagu terputar sembari melihat gerakan para peserta "flashmob".
 
Sekitar 15 menit lebih "flashmob" digelar kader dan simpatisan PDIP untuk kemudian muncul atraksi barongsai di area yang sama.
 
Selain di luar stadion, "flashmob" juga digelar di dalam area Stadion GBK. Hampir seratus peserta berpakaian merah tampak melakukan "flashmob" dengan serentak.

Puluhan ribu kader PDIP yang sudah berada di dalam stadion tampak menikmati "flashmob" sambil menepukkan tangan dan berteriak riuh.
 
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan puncak Peringatan BBK 2023 menunjukkan kesatupaduan seluruh elemen parpol. Terlebih lagi, para peserta hadir dengan suasana riang.
 
"Ya, tentu saja kesatupaduan PDIP dengan akar rumput sebagai jati diri partai yang berasal dari rakyat, maka di sini semua datang bergembira. Ada yang menggunakan motor, ada yang menggunakan kapal laut, bus, semua bersiap-siap dengan penuh semangat dalam puncak Peringatan Bulan Bung Karno," ujar Hasto ditemui di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023