Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh masyarakat untuk memilih pemimpin secara holistik atau secara keseluruhan.

Dia mengimbau agar tak terlena dengan tampilan fisik karena memilih pemimpin itu harus memiliki kriteria yang lengkap.
 
Hal tersebut disampaikan Megawati saat Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.
 
"Kalau pemimpin itu sebenarnya mesti dilihat lahir batin, jangan fisik saja," kata Megawati.
 
Menurut Megawati, menjadi seorang pemimpin harus memiliki pengalaman. Adapun yang paling penting lagi adalah pemimpin yang mengakar ke bawah.
 
Sejumlah syarat, sambung dia, untuk menjadi seseorang pemimpin di Indonesia dapat dilihat dari rekam jejaknya. Dia mengatakan seorang pemimpin yang berpengalaman pernah bekerja di lembaga legislatif maupun eksekutif.

Baca juga: Megawati: Pak Marhaen itu petani, bukan komunis
Baca juga: Puan di GBK: Menangkan PDIP dan Ganjar di 2024
 
"Kepemimpinan yang visioner, arif, bijaksana, memiliki rekam jejak prestasi yang baik, dan mengakar. Ini yang paling penting, mengakar kepada akar rumput," ujarnya.
 
Presiden Kelima RI itu menjelaskan bahwa pesta demokrasi menghendaki rakyat berdaulat dalam memilih sehingga rakyat harus diedukasi.

Ia mengatakan memilih presiden, wakil rakyat atau parlemen dari dalam bilik suara sebetulnya tidak kurang lima menit di tempat pemungutan suara (TPS). Namun, dampaknya sangat menentukan untuk lima tahun ke depan.
 
"Karena itulah gunakan hak pilihmu dengan sebaik-baiknya. Pak Ganjar Pranowo akan terus berjuang bersama Presiden Jokowi di dalam mendayagunakan bonus demografi bagi percepatan kemajuan bangsa," ucap Megawati.
 
Bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok berpengalaman. Ia pernah duduk di dua lembaga dengan masing-masing sebanyak dua periode.

Pada lembaga legislatif, Ganjar sebagai anggota DPR RI. Sementara di eksekutif, Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023