Gunung Galunggung menyajikan sejumlah destinasi wisata alam terbuka yang dapat dinikmati pengunjung.
Tasikmalaya (ANTARA) - Perum Perhutani Tasikmalaya sebagai pengelola kawasan wisata Gunung Galunggung sudah berbenah untuk menyambut lonjakan kunjungan wisatawan saat musim libur sekolah pergantian tahun ajaran dengan meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

"Kami kemarin telah melakukan inovasi sedikit untuk yang di kolam air panas untuk anak, kita kasih variasi untuk membuat daya tarik tersendiri," kata Manager Site Priangan pada Perhutani Tasikmalaya sebagai pengelola Gunung Galunggung Sumarsono saat dihubungi melalui telepon seluler, di Tasikmalaya, Sabtu.

Ia menuturkan Gunung Galunggung menyajikan sejumlah destinasi wisata alam terbuka yang dapat dinikmati pengunjung, seperti kolam renang air panas alami, kemudian wisata berkemah, bersepeda, dan lainnya.

Objek wisata Gunung Galunggung, kata dia, dipastikan sudah siap menyambut musim libur panjang sekolah dengan memberikan pelayanan prima dan juga mempercantik tempat dengan melakukan cat ulang kolam renang, agar pengunjung khususnya anak-anak lebih senang.

Selain berwisata ke kolam air panas, kata dia lagi, pengunjung juga bisa berwisata kemah keluarga yang aman dan nyaman dengan sejumlah fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushala, maupun fasilitas penunjang lainnya.

Ia juga menyampaikan berbagai fasilitas lainnya yang disiapkan pengelola, yakni menyewakan perlengkapan berkemah untuk pengunjung yang tidak membawa tenda atau ketinggalan perlengkapannya.

"Untuk yang mau kamping di Galunggung tidak usah risau di jalan tidak bawa perlengkapan, dan kami menyewakan tenda dan peralatan lainnya," kata Sumarsono.

Dia menyampaikan khusus area perkemahan keluarga telah disiapkan di kawasan Bukit Nangre dengan suasana alam hutan dan fasilitas lainnya.

Sedangkan area lainnya, seperti menuju puncak Gunung Galunggung maupun di kawah, kata dia, hanya disarankan untuk mereka pecinta alam yang sudah tergolong profesional untuk berkemah di alam terbuka.

"Untuk di bibir kawah disebutnya kamping yang benar-benar pecinta alam, kalau untuk 'family' jarang," katanya pula.

Ia menambahkan pengelola wisata Gunung Galunggung selama ini terus berupaya mempromosikan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tasikmalaya itu dengan berbagai cara, termasuk melalui media sosial.

Dia berharap musim libur sekolah banyak wisatawan dari berbagai daerah memilih berwisata mengisi hari libur dengan berkunjung ke Gunung Galunggung.

"Kami segenap karyawan selalu berusaha dan berusaha, tidak lupa dibarengi doa untuk membuat Galunggung kembali ke posisi kunjungan terbaik, agar masyarakat sekitar beserta mitra-mitra kami merasakan sepenuhnya keberadaan wisata Galunggung," katanya lagi.
Baca juga: BPBD Tasikmalaya sebut longsor di Gunung Galunggung masih terjadi
Baca juga: Wisata Gunung Galunggung ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023