Menyambut waktu libur sekolah dan libur Idul Adha tahun ini pada minggu depan, Kota Sabang siap menyambut kedatangan wisatawan
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang Provinsi Aceh meningkatkan kualitas layanan wisata dalam menyambut masa libur sekolah dan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Menyambut waktu libur sekolah dan libur Idul Adha tahun ini pada minggu depan, Kota Sabang siap menyambut kedatangan wisatawan," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Sabtu.

Ia menjelaskan pemerintah terus berbenah untuk meningkatkan dan memaksimalkan kualitas pelayanan demi kenyamanan wisatawan. Di antaranya parkir dan ketersediaan air bersih yang juga menjadi perhatian pemerintah demi kenyamanan wisatawan.

"Pemerintah Kota Sabang dan para pelaku wisata di Kota Sabang akan menyiapkan fasilitas bagi wisatawan. Seperti di Teupin Layeu Iboih sudah tersedia tempat parkir yang baru dengan kapasitas sekitar 100 unit mobil, fasilitas air bersih ke Pulau Rubiah juga akan disuplai untuk wisatawan," ujarnya.

Menurut Reza, pada dasarnya Pemerintah Kota Sabang selalu siap menerima kunjungan wisatawan, tidak terkecuali pada libur sekolah ini.

Baca juga: Pemkot harapkan bantuan Bank Indonesia majukan pariwisata Sabang

Baca juga: Pemerhati dukung Pemkot Sabang kembangkan wisata kota tua


"Maka dari itu, kami juga meminta pelaku wisata untuk dapat memanfaatkan momentum libur ini dengan meningkatkan kualitas dan pelayanan," ujarnya.

Sehingga, lanjut dia, wisatawan nyaman dan menghabiskan waktu berlama-lama di Sabang, terlebih kunjungan diperkirakan meningkat hingga awal tahun ajaran baru sekolah.

Dengan begitu, wisatawan juga leluasa membelanjakan uang mereka dengan membeli oleh-oleh dari berbagai produk UMKM Kota Sabang, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami targetkan kunjungan wisatawan musim libur ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya, perkiraan bisa mencapai 12 ribu orang lebih," ujarnya.

Reza berharap wisatawan bisa mengunjungi Sabang dengan nyaman dan menikmati keindahan alam serta keramahan masyarakatnya.

Selain itu, dia juga meminta para wisatawan agar tetap menjaga alam dan kearifan lokal Sabang, serta tetap menjaga kebersihan juga disiplin dalam melakukan perjalanan wisata di Sabang.

Baca juga: Kapal pesiar MS Nautica perdana ke Sabang Aceh bawa 477 turis asing

Baca juga: Pemkot Sabang mengembangkan Kota Tua sebagai destinasi wisata baru

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023