Batam (ANTARA) - Muhammadiyah Kota Batam, Kepulauan Riau, pusatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023, mendatang di lapangan parkir aula olahraga Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam Shabirun Husnum di Batam, Ahad, mengatakan selain di Stadion Temenggung Abdul Jamal, ada beberapa masjid yang direncanakan juga akan melaksanakan Shalat Id.

"Ada di Bengkong Masjid Al Jabar, Masjid Uswatun Hasanah di Jalan Kartini V Sei Harapan dan mungkin di Masjid Al Munawarah Batu Besar. Tapi untuk lokasi ini pelaksanaannya lebih kepada personal sebagai inisiator, jadi tidak bawa nama lembaga Muhammadiyah," kata Shabirun.

Ia menyampaikan pihaknya juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban secara terpusat di Komplek Muhammadiyah Tembesi Kota Batam.

Baca juga: Muhammadiyah umumkan sejumlah lokasi Shalat Idul Adha di Jakarta

Baca juga: Kemenag Kota Sorong tetap 6 lokasi untuk shalat Idul Adha 1444 H


Hingga saat ini dua sapi dan lima kambing yang akan disembelih pihaknya.

Sebelumnya, pada saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri beberapa bulan lalu, Muhammadiyah Batam juga memusatkan di lapangan parkir aula olahraga Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Ribuan jamaah Muhammadiyah di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di lapangan parkir aula olahraga Stadion Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Jumat (21/4).

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam Shabirun Husnum di Batam, Jumat mengatakan perbedaan penetapan 1 Syawal pada tahun ini tidak menjadi persoalan dalam menyambut Idul Fitri.

Menurutnya, dengan adanya perbedaan tersebut menjadi rahmat dan keberkahan bagi semua umat Muslim yang telah menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

"Persoalan beda 1 Syawal itu hanya beda cara pandang saja. Jadi kami juga sepakat kemarin bahwa perbedaan itu menjadi rahmat buat kita, seperti perbedaan warna pada sebuah lukisan, saling melengkapi. Tidak membuat perbedaan menjadi persoalan," kata Shabirun.*

Baca juga: WNI di Belanda gelar shalat Idul Adha dan potong hewan kurban

Baca juga: Ribuan WNI ikuti shalat Idul Adha bersama di KBRI Bandar Seri Begawan

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023