Berat sapi ditimbang terakhir 1.020 kilogram, sapi ini bernama Mosin karena jenisnya limosin
Medan (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membeli sapi milik Rahmat, warga Deli Serdang, Sumatera Utara yang bobotnya 1,02 ton atau 1.020 kilogram untuk kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah di Sumut, dan dagingnya dibagikan pada warga setempat.

"Berat sapi ditimbang terakhir 1.020 kilogram, sapi ini bernama Mosin karena jenisnya limosin," ujar Rahmat, pemilik sapi yang dibeli Presiden Jokowi di Deli Serdang Rahmat di Medan, Minggu.

Ia mengatakan, awal pembelian sapi ini oleh Presiden Jokowi, ada utusan dari Pemprov Sumut untuk menanyakan sapi di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang dengan berat satu ton.

"Kemudian kami menawarkan sapi ini kepada pihak provinsi tersebut. Lalu sapi itu ditimbang, setelah itu diambil darah, air liur dan kotorannya," tutur Rahmat.

Setelah itu, kata Rahmat, pada 15 hari kemudian datang kembali pihak dari provinsi untuk membeli sapi tersebut, dan diberikan obat cacing, vitamin.

"Sapi si Mosin dengan berat 1.020 kg ini ditawarkan Rp90 juta, kemudian sapi yang dipesan Presiden Jokowi ini direncanakan akan dikirim Mesjid Agung Medan pada 28 Juni 2023," ucapnya.

Dia mengatakan,  sebelum diberikan ke Mesjid Agung sapi tersebut dilakukan perawatan khusus seperti memberikan vitamin maupun pakan yang baik.

"Sapi ini diberikan pakan konsentrat yang segar jadi tetap terjaga bobot badan, kemungkinan bisa bertambah berat sapi tersebut menjelang Idul Adha nantinya," kata Rahmat.

Presiden Joko Widodo memberikan 38 ekor sapi yang didistribusikan ke setiap provinsi di Indonesia dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk, jadi menjadi 38," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca juga: Peternak butuh 14 jam kirim sapi kurban Presiden ke Serasan Natuna
Baca juga: Presiden sumbang sapi kurban bagi umat Islam di Papua Pegunungan
Baca juga: Kemarin, sapi kurban Presiden hingga pimpinan Ponpes Al-Zaytunhadir

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023