- Inisiatif akan lebih memudahkan akses terhadap alat kontrasepsi untuk 27 juta perempuan di negara-negara berpenghasilan rendah

     27 Februari 2013, Leverkusen, Jerman (ANTARA/PRNewswire) -- Sebuah kelompok baru yang terdiri dari mitra sektor publik dan swasta telah menyelesaikan kesepakatan untuk menyediakan Jadelle®, implan kontrasepsi reversibel yang efektif dan berjangka lama, bagi lebih dari 27 juta wanita di negara-negara termiskin di dunia dengan cara menurunkan harga hingga lebih dari 50 persen selama enam tahun ke depan.

     Program Akses Jadelle® dikembangkan dan didukung melalui kemitraan antara Bayer HealthCare AG, Bill & Melinda Gates Foundation, Badan Akses Kesehatan Clinton (Clinton Health Access Initiative - CHAI), Pemerintah Norwegia, Inggris, Amerika Serikat dan Swedia, dan Yayasan Dana Investasi Anak-anak (Children's Investment Fund Foundation - CIFF), dan Dana Masyarakat PBB (United Nations Population Fund - UNFPA) yang dibangun berdasarkan hasil KTT Keluarga Berencana di London pada Juli 2012, di mana para pemimpin dunia berjanji untuk menyediakan akses tambahan terhadap alat kontrasepsi bagi 120 juta wanita di negara-negara berkembang pada tahun 2020. Langkah ini juga mendukung rekomendasi dari Komisi PBB tentang Komoditas Penyelamat Hidup dengan membantu membentuk pasar global dalam rangka meningkatkan ketersediaan komoditas penyelamat hidup berkualitas dengan harga dan volume yang optimal.

     Berdasarkan perjanjian yang ditandatangani, Bayer wajib mengurangi harga implan kontrasepsi, Jadelle®, dari US$18 menjadi US$8,50 per unit, mulai 1 Januari 2013, di lebih dari 50 negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara yang dianggap oleh Sekjen PBB (United Nations - UN) mampu memenuhi Tujuan-tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals - MDGs) dalam kesehatan ibu dan anak pada tahun 2015. Alat ini, yang telah diuji pra-kualifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization - WHO) sejak September 2009, memberikan fasilitas kontrasepsi yang efektif bagi perempuan sampai lima tahun.

     "Inovasi adalah kunci keberhasilan komersial kami, sekaligus dasar komitmen sosial kami," kata Dr. Jorg Reinhardt, CEO Bayer HealthCare AG. "Kami sangat senang dapat membuat produk yang dapat meningkatkan taraf hidup dapat diakses oleh orang sebanyak mungkin, terlepas dari pendapatan mereka atau di mana mereka tinggal, sehingga produk kami mampu memberi kontribusi besar untuk meningkatkan kesehatan perempuan dan anak-anak di negara berkembang."

     Ketika telah sepenuhnya dijalankan, Jadelle Access Program akan mencegah lebih dari 28 juta kehamilan yang tidak diinginkan antara tahun 2013 dan 2018, dan, pada akhirnya, mencegah sekitar 280.000 dan 30.000 kematian ibu dan bayi. Secara total, program ini akan menghemat sekitar US$ 250 juta biaya kesehatan global.

     Saat ini, terdapat lebih dari 200 juta perempuan dan anak perempuan di negara berkembang yang tidak ingin hamil mengalami kurangnya akses terhadap alat kontrasepsi modern. Penelitian telah menunjukkan bahwa dari 600 juta perempuan di negara berkembang yang menggunakan metode keluarga berencana modern, hanya 1 sampai 2 persen menggunakan implan, tetapi presentase akan lebih besar jika mereka mendapatkan layanan konseling dan pelayanan klinis dengan mudah. Program implan adalah salah satu pilihan metode yang paling cepat berkembang saat ini.

     Menanggapi kebutuhan mendesak akan kerjasama publik-swasta yang efektif pada KTT Keluarga Berencana di London, para mitra menyepakati penurunan harga untuk membuat metode yang kurang dimanfaatkan ini menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses oleh perempuan secara global, yang pada akhirnya akan membantu memperluas pilihan kontrasepsi.

     "Pada bulan Juli 2012, para pemimpin dunia berjanji untuk menyediakan akses pilihan kontrasepsi yang lebih besar kepada para wanita di seluruh dunia, dan hari ini, kita telah satu langkah lebih dekat untuk mewujudkan janji ini," kata Melinda Gates, ketua bersama Bill & Melinda Gates Foundation. "Kami berharap pencapaian ini akan menjadi yang pertama dari kemitraan inovatif yang akan membantu memberi perempuan dan anak perempuan kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka."

     Harga US $ 8,50 per unit akan tersedia bagi semua entitas yang menyalurkan Jadelle® dari Bayer untuk digunakan di negara-negara yang memenuhi syarat.

     Lembaga-lembaga besar, seperti UNFPA dan Badan Pembangunan Internasional AS (Agency for International Development - USAID), dan para pemasok swasta terus mengkomunikasikan penurunan harga ke kantor negara mereka dan mitra pemerintah untuk memastikan bahwa harga baru sesuai dengan rencana pengadaan kontrasepsi negara-negara terkait. Proses pengadaan dan siklus logistik untuk Jadelle tidak akan berubah.

     Program-program keluarga berencana sukarela yang berada di negara ini dijalankan oleh instansi pemerintah dan organisasi masyarakat sipil, yang didukung oleh USAID, UNFPA, Badan Kerjasama Pembangunan Norwegia (Norwegian Agency for Development Cooperation - NORAD) dan Departemen Pembangunan Internasional Inggris (UK Department for International Development - DFID), akan membantu memfasilitasi peningkatan akses kontrasepsi berjangka lama dan reversibel ini untuk memberi wanita dan pasutri pilihan keluarga berencana yang lebih banyak.

     Bayer HealthCare AG juga bekerja sama dengan kelompok mitra lainnya untuk mengembangkan rencana meningkatkan pelayanan infrastruktur pengiriman dan penyedia pelatihan kesehatan agar perempuan memiliki akses yang aman dan berkualitas untuk insersi yang tepat dan layanan pengangkatan, serta konseling.

     Selain itu, inisiatif yang sedang berlangsung ini akan membantu organisasi keluarga berencana masyarakat sipil memperoleh metode distribusi yang inovatif, seperti waralaba sosial dan klinik mobile. Usaha ini diharapkan mampu memacu kapasitas implan organisasi ini hingga dua kali lipat demi memperluas pilihan metode dalam program mereka pada tahun 2013, dengan ekspansi lanjutan di masa mendatang.

     SUMBER: Bill & Melinda Gates Foundation

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013