Jakarta (ANTARA/JACX) – Mendekati Idul Adha penjualan hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing meningkat pesat.

Pemerintah pun mengimbau untuk mengecek keadaan hewan ternak yang akan di qurbankan agar terhindar dari penyakit menular.

Sebuah unggahan video di TikTok mengunggah resep ramuan yang diklaim dapat menyembuhkan PMK pada hewan ternak. Ramuan tersebut berisi kunyit, temulawak dan gula untuk mengobati PMK pada sapi.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Ramuan Rempah Mujarab Sembuhkan PMK Pada Sapi”

Namun, benarkah bahwa  Air kunyit bisa sembuhkan PMK pada ternak?

 

Unggahan misinformasi yang menyatakan air kunyit bisa menyembuhkan PMK pada ternak. Faktanya, Ketua Umum PBPDHI Muhammad Munawaroh menegaskan air kunyit tak bisa mengobati PMK hewan ternak. (TikTok)
Penjelasan:

Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) menegaskan air kunyit tak bisa mengobati penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

"Tidak bisa diobati pakai kunyit, penyakit mulut dan kuku (PMK) itu virus," kata Ketua Umum PBPDHI Muhammad Munawaroh, dilansir dari ANTARA.

Penegasan tersebut disampaikan menanggapi pengakuan seorang pedagang ternak bahwa ternaknya sembuh dari PMK setelah diberi air kunyit.

Munawaroh menjelaskan pemberian kunyit yang diberikan kepada hewan ternak terkena PMK secara klinis belum terbukti dan tidak ada penelitiannya lantaran virus tak bisa diobati.

Klaim: Air kunyit bisa sembuhkan PMK pada ternak

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Deteksi strok dengan gerakan jari tangan

Cek fakta: Hoaks! Sosis dan daging lama sebabkan cacing di usus

Baca juga: Dedi Mulyadi minta pemerintah mengganti sapi perah mati milik peternak

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023