Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia berangsur-angsur tiba di Padang Arafah untuk mengikuti prosesi puncak haji, yakni wukuf.

Berdasarkan
Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga Senin (26/6) pukul 13.48 Waktu Arab Saudi (WAS), jumlah yang tiba di Arafah mencapai 22.442 calon haji dari 61 kloter.

Salah seorang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sektor 8 Adhoc Arafah Ramza Husmen di Mekah, Senin, mengatakan jamaah calon haji mulai tiba di Arafah pada pukul 08.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Baca juga: Jamaah calon haji mulai bergerak menuju Arafah

Baca juga: Pusat Kesehatan Haji dirikan pos kesehatan saat wukuf di Arafah


"Kami menerima kedatangan jamaah dari maktab 48, 42, 46, dan saat ini mulai ramai kedatangan di setiap maktab," kata Ramza.

Pemberangkatan jamaah calon haji ke Arafah dilakukan secara bertahap mulai Senin (26/6) dalam tiga tahap pemberangkatan, yakni dimulai pukul 07.00-11.00 WAS. Tahap kedua, pukul 11.00-15.00 WAS dan tahap ketiga mulai 15.00 WAS sampai selesai.

Begitu tiba di Arafah, jamaah haji Indonesia akan diarahkan ke maktab-maktab (tenda) yang sudah disiapkan dan per tenda akan diisi sekitar 2.900 calon haji.

Selama di Arafah, jamaah calon haji Indonesia akan melaksanakan ibadah wukuf dan mengikuti rangkaian acara mulai shalat berjamaah, mendengarkan khutbah, dan berdoa.

Baca juga: Jamaah haji akan wukuf di Arafah 27 Juni 2023

Jamaah haji Indonesia diharapkan tidak hanya berdoa untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk kebaikan negara agar terbebas dari konflik ketika pemilu dan supaya negara Indonesia ke depan semakin maju.

Padang Arafah diyakini sebagai tempat paling mustajab untuk berdoa.

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023