Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai langkah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengangkat Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Wakapolri sudah tepat karena kompentensinya yang mumpuni.

“Pilihan Kapolri sudah tepat, Komjen Pol. Agus mumpuni jadi Wakapolri,” kata Sahroni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia berharap dengan posisi baru yang diembannya tersebut Komjen Pol. Agus Andrianto dapat memberikan kontribusi bagi pembenahan di internal tubuh Polri.

“PR (pekerjaan rumah) ke depan Komjen Agus harus lebih membenahi internal agar semua anggota lebih tertib dan lebih mengayomi,” ujarnya.

Terpisah, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengangkat Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Wakapolri.

"Saya pikir kita apresiasi ya Kapolri mutasi kali ini bagus sekali," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Sebab, kata dia, pengangkatan Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Wakapolri akan semakin menunjukkan kekompakan Polri.

Baca juga: Kapolri angkat Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri
Baca juga: Lemkapi: Pengangkatan Wakapolri-Kabareskrim tingkatkan kinerja Polri


"Sekarang Polri ada dua bintang yang bekerja bareng kan, Pak Listyo Sigit dan Pak Agus. Beliau berdua kompak sekali, pasti akan membawa dampak yang bagus sampai ke bawah," ucapnya.

Selain itu, dia mengapresiasi pengangkatan Komjen Pol. Wahyu Widada sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) untuk mengisi posisi yang sebelumnya dijabat Komjen Pol. Agus Andrianto.

"Apalagi Kabareskrim adalah sosok yang sangat tepat, Pak Wahyu Widada itu orang pintar, beliau ikut menggodok konsep presisi. Konsep presisi itu kan menurut saya yang paling relevan diterapkan di Reskrim (Reserse Kriminal) di Polri," tuturnya.

Menurut dia, rotasi anggota Polri jelang Pemilu 2024 dapat semakin memaksimalkan institusi tersebut dalam bekerja menghadapi masalah hukum terkait pemilu nanti.

"Menjelang pemilu dengan posisi-posisi yang baru ini, saya pikir sudah sangat pas sehingga kita tidak khawatir institusi Polri tidak bisa maksimal, tidak bisa profesional menghadapi masalah-masalah hukum yang terjadi terkait dengan pemilu," tutur dia.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengangkat Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono yang memasuki masa pensiun.

Melalui Telegram Nomor 1393/VI/KEP/2023 tertanggal 2024, Kapolri mengangkat Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Wakapolri untuk menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang memasuki masa pensiun.

Posisi Agus sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) digantikan Komjen Pol Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam).

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023