Bangkok, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 23 Juni di pagi hari (waktu setempat), acara peluncuran proyek "skuter listrik sebagai taksi roda dua" yang digagas United Nations Environment Programme berlangsung di Bangkok, Thailand. TAILG asal Tiongkok mendonasikan skuter listrik kepada pemerintah Bangkok sebagai bentuk dukungan untuk proyek tersebut.

Menurut Dr. Mushtaq Memon, Perwakilan United Nations Environment Programme Regional Coordinator Resource Efficiency di Asia dan Pasifik, setelah TAILG menjadi mitra resmi United Nations Environment Programme di sektor kendaraan listrik pada 2018, TAILG melansir proyek uji coba di bidang mobilitas listrik di lebih dari 100 negara, termasuk Kenya dan Filipina. Proyek ini secara efektif mendukung upaya PBB meningkatkan kualitas udara dan memitigasi perubahan iklim. Apalagi, skuter listrik berpotensi besar menjadi taksi roda dua di Thailand. Perwakilan pemerintah kota Bangkok mencatat bahwa Thailand tergolong negara dengan jumlah pengguna roda dua yang masif. Dengan dukungan pemerintah dan perusahaan seperti TAILG, Thailand segera beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menuju kendaraan listrik. Dengan demikian, transisi ini meningkatkan utilisasi energi di sektor transportasi publik sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan hidup bagi warga lokal.

Wang Shutang, Deputy Director, Belt and Road Environmental Technology Exchange and Transfer Center (Shenzhen), Tiongkok, menjelaskan, Shenzhen dan Bangkok menjalin kerja sama kota kembar. Maka, kedua kota harus saling berbagi dan merealisasikan kerja sama yang saling menguntungkan. Menurutnya lagi, sejumlah upaya akan diambil guna memperluas kerja sama dan investasi yang ramah lingkungan di negara-negara Belt and Road, serta mendukung kerja sama dalam pengelolaan lingkungan hidup antara pemerintah Thailand, organisasi internasional, dan kalangan perusahaan. 

Duta Besar Jerman YM Georg Schmidt, perwakilan PBB di Thailand, Gita Sabharwal, Vice Secretary, BMA, Chalermpon Chotinuchit, Wali Kota Nonthaburi Sutee Tongyam, serta Deputy Governor, Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT), mengucapkan selamat atas peluncuran proyek tersebut, serta memberikan dukungan jangka panjang bagi TAILG. Di sisi lain, perwakilan Independent Research Group on Electric Motorcycle Traveling, Thailand, Director, ENTEC/NSTDA, Dr. Sumittra Charojrochkul, Director, EGAT Somsak Prangthong, President, TAILG Yao Li, serta CEO, The Stallions Areerat Sriprathai, saling berdiskusi dan bertukar pandangan tentang sepeda motor listrik dan peran penting transportasi publik.

Seperti diketahui, seluruh skuter yang didonasikan TAILG kepada Thailand memakai sistem yang telah dipatenkan dan dikembangkan TAILG secara independen. Produk TAILG tersebut juga memiliki tenaga besar dan jarak tempuh yang lebih jauh.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023