Sejak tahun 2021, pengembangan Geopark Gorontalo ini sudah kami upayakan.
Gorontalo (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) UNESCO Global Geopark Network (GGN) Guy Martini dijadwalkan berkunjung ke Gorontalo pada 7 hingga 13 Juli 2023.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Budiyanto Sidiki, di Gorontalo, Senin, mengatakan rencana kedatangan Guy Martini sementara disiapkan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) melalui rapat lintas sektor.

Kunjungan Guy Martini untuk melihat dari dekat situs-situs penting yang diusulkan pemerintah provinsi (pemprov) menjadi Geopark Gorontalo.

Martini diharapkan bisa memberikan masukan dan panduan perencanaan agar status Aspiring Geopark bisa segera naik kelas menjadi Geopark Nasional.

Beberapa destinasi yang rencananya akan dikunjungi, yakni hiu paus, Pantai Biluhu, Taman Laut Olele, dan Geosite Botubarani.

Ada juga pemandian air panas Lombongo, Granodiorit Desa Saripi, Geosite Batu Gamping Merah, Batu Gabto, dan Pantai Bolihutuo, Air Terjun Tenilo Tilamuta serta Air Panas Pentadio dan Danau Limboto.

"Kunjungan ini melibatkan pemerintah kabupaten/kota, maka saya minta tolong dikoordinasikan dengan baik. Jika memerlukan dukungan dari kepala daerah kami siap menyampaikan baik secara formal dan non formal baik dari saya selaku Sekda maupun dari Pak Gubernur ke Bupati dan Wali Kota," kata Budiyanto.

Peninjauan dan saran Guy Martini menjadi penting untuk penyusunan rencana induk pengembangan Geopark Gorontalo yang sedang difasilitasi oleh Bappenas Tahun 2023.

Jika perencanaannya selesai dan dinilai layak, maka akan ditetapkan sebagai Geopark Nasional setara dengan geopark lain di Indonesia.

"Sejak tahun 2021, pengembangan Geopark Gorontalo ini sudah kami upayakan. Kemarin masih COVID-19 sehingga saran dari Mr Guy dilakukan secara daring. Nah ini kesempatan bagus berhubung beliau lagi di Indonesia dan siap untuk berkunjung ke Gorontalo," kata mantan Kepala Bapppeda itu.

Kunjungan Sekjen GGN selama enam hari di Gorontalo tidak saja melibatkan pemerintah kabupaten/kota, namun juga banyak instansi.

Selain Bapppeda dari aspek perencanaan, kunjungan juga melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Statistik, Badan Kesbangpol, Dinas Naker, ESDM dan Transmigrasi, Biro Umum serta Pusat Studi Geopark UNG.
Baca juga: Bappenas sebut geopark sangat layak ada di Gorontalo
Baca juga: Gorontalo usulkan sejumlah kawasan menjadi geopark nasional

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023