Kami juga membahas pentingnya melestarikan rumah-rumah tua.
Gorontalo (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Global Geopark Network (GGN) Guy Martini menitipkan pelestarian Kota Tua, mengingat keberadaannya sebagai situs bersejarah penting sebagai warisan peradaban bagi generasi berikut.

Guy Martini bersama tim Bappenas kepada Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, di rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Minggu, mencoba menyampaikan kepada Gubernur mengenai pentingnya program yang dibawa oleh UNESCO Global Geopark Network.

"Kami juga membahas pentingnya melestarikan rumah-rumah tua," ujar dia lagi.

Pria asal Prancis itu menjelaskan, rumah tua bersejarah cocok menjadi Pusat Informasi Geopark Gorontalo. Keunikan daerah dari aspek geologi, budaya dan sejarah layak didokumentasikan dan diinformasikan kepada masyarakat.

Kunjungan Martin bertajuk “advisory mission” untuk menilai apakah status Aspiring Geopark Gorontalo layak ditetapkan menjadi Geopark Nasional di bawah pengawasan UNESCO.

Pada kunjungan hari ketiga, ia dijadwalkan meninjau Taman Laut Olele, Geosite Oluhuta, dan pemandian air panas Lombongo.

Sebelumnya Guy Martini dan tim mengunjungi sejumlah lokasi geopark atau taman bumi dengan melihat keunikan biosite hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Selanjutnya di lokasi Geosite Pantai Dulanga, Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, rombongan melihat keanekaragaman hayati, flora dan fauna, serta ragam budaya masyarakat.

Keunikan geodiversity di Pantai Dulanga adalah gamping terumbu yang memanjang di sepanjang pantai dengan ketinggian kurang lebih 250 meter. Di kawasan Pantai Dulanga juga terdapat tanaman yang memiliki nilai jual tinggi yaitu Dracaena draco yang bermanfaat memperlancar air susu ibu dan obat demam.

Keunikan lainnya Desa Bongo yaitu dikenal sebagai Desa Wisata Religi Bubohu. Salah satu ragam budaya masyarakat yang menjadi agenda wisata tahunan adalah walima atau tradisi peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tradisi itu diisi dengan kegiatan dikili atau zikir. Perayaan walima diakhiri dengan mengantarkan kue kolombengi dari warga ke masjid.

Lokasi berikutnya yang dikunjungi rombongan adalah Geosite Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.
Baca juga: Sekjen UNESCO Global dijadwalkan meninjau Aspiring Geopark Gorontalo
Baca juga: GGN meninjau lokasi pengusulan Geopark Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023