Changchun (ANTARA) - Dengan enam taman bumi (geopark) di China baru-baru ini ditetapkan sebagai Taman Bumi Global oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada Rabu (27/3), China kini memiliki total 47 Taman Bumi Global.

Di antara situs-situs baru yang dinobatkan tersebut adalah Taman Bumi Gunung Changbaishan di Provinsi Jilin, China timur laut, mencakup area seluas lebih dari 2.700 kilometer persegi.

Taman Bumi ini memiliki bentang alam yang mencolok dan jenis batuan yang beragam, yang mendokumentasikan erupsi vulkanik multifase yang signifikan.

Pada 2023 saja, kawasan wisata Gunung Changbaishan menerima sekitar 2,75 juta wisatawan dan itu memecahkan rekor tertinggi berdasarkan catatan otoritas setempat.

Lima situs di China lainnya yang baru ditetapkan oleh UNESCO yaitu Taman Bumi Ngarai Besar Enshi-Gua Tenglongdong di Provinsi Hubei, Taman Bumi Linxia di Provinsi Gansu, Taman Bumi Longyan di Provinsi Fujian, Taman Bumi Wugongshan di Provinsi Jiangxi, dan Taman Bumi Xingyi di Provinsi Guizhou.

Pembentukan Taman Bumi Global UNESCO pertama kali didirikan pada 2015 untuk mengakui warisan geologis yang memiliki kepentingan internasional. Saat ini, jaringan Taman Bumi Global UNESCO terdiri dari 213 taman bumi yang tersebar di 48 negara.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024