Beijing (ANTARA) - Meskipun sedang dihantam gelombang panas menyengat, taman-taman di kota Beijing dikunjungi 3,26 juta orang saat liburan Festival Perahu Naga selama tiga hari.

Jumlah itu melonjak 61 persen dibandingkan dengan tahun lalu, kata otoritas setempat pada Minggu (25/6).

Istana Musim Panas, Taman Tiantan, dan Kebun Binatang Beijing menjadi destinasi wisata terpopuler selama masa libur yang berlangsung dari Kamis hingga Sabtu pekan lalu itu, kata Biro Kehutanan dan Pertamanan Kota Beijing.

Total 69 kegiatan budaya yang menyuguhkan adat istiadat rakyat tradisional dan pameran ilmu pengetahuan populer, digelar di berbagai taman guna menarik pengunjung.

Festival Perahu Naga yang juga dikenal dengan Festival Duanwu, dirayakan pada hari kelima dan bulan kelima dalam penanggalan China.

Warga menikmati zongzi (bacang), penganan kukus yang terbuat dari beras ketan, dan menyaksikan balap perahu naga pada hari itu yang menjadi hari libur nasional.

Suhu tinggi terus melanda seantero Beijing sepanjang liburan Festival Perahu Naga tahun ini.

Suhu di sebuah stasiun meteorologi di Beijing selatan melonjak menjadi 41,1 derajat Celsius pada Kamis pekan lalu, yang merupakan angka tertinggi kedua sejak pencatatan akurat dimulai, kata Layanan Meteorologi Beijing.

Guna mengatasi suhu panas dan menarik wisatawan, Taman Beihai, Fragrant Hills, dan Taman Yuyuantan menggelar berbagai kegiatan budaya pada malam hari.  Kebun Binatang Beijing bahkan meluncurkan es lilin yang menampilkan panda raksasa.

Selama liburan Festival Perahu Naga, 216 area wisata utama di Beijing mencatat lebih dari 5,18 juta kedatangan wisatawan dan meraup pendapatan lebih dari 309 juta yuan.

Angka itu masing-masing naik 2,1 persen dan 5,8 persen dibandingkan periode sama pada 2019, kata Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Beijing. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023