Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru melaksanakan kegiatan khitanan massal sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Menurut Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit S Widiyanto di Johor Bahru, Malaysia, Senin, kegiatan yang digelar di Aula Ahmad Dahlan KJRI tersebut terlaksana bersama Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) dan Hospital Penawar.

Sebanyak 22 siswa SIJB dari kelas 1 hingga kelas 6 SD mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh antusias.

Menurut Sigit, program tersebut merupakan salah satu upaya perlindungan dan pelayanan KJRI Johor Bahru untuk anak-anak Indonesia yang bersekolah di SIJB.

Sejalan dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, ia berharap para siswa SIJB yang menjadi peserta khitanan massal terus melaju untuk mendukung Indonesia Maju.

Selain itu, sebagai upaya perlindungan dan pelayanan, KJRI Johor Bahru juga membuka pendaftaran Sidang Itsbat Nikah bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah kerjanya yakni Johor, Pahang, Melaka dan Negeri Sembilan. Kegiatan itu rencananya akan dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) pada 27 Juli 20023.

Bagi WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Johor Bahru dapat melakukan pendaftaran dari 25-28 Juni 2023 di konter layanan kekonsuleran pada pukul 14.00-16.30 waktu setempat.

KBRI Kuala Lumpur bekerja sama dengan Pengadilan Agama Jakarta Pusat menyelenggarakan Sidang Itsbat Nikah bagi pasangan WNI yang telah menikah secara agama, namun belum memenuhi format perkawinan Indonesia dan belum memperoleh Akta Nikah.

Baca juga: 500 orang meriahkan Wonderful Nusantara Festival 2023 di Johor Bahru
Baca juga: BP3MI bantu pemulangan bayi asal Kalbar terlantar di Malaysia
Baca juga: KJRI Johor Bahru jemput bola 89 WNI di depo tahanan imigrasi Johor

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023