Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (26/6), mulai dari Presiden Jokowi lantik 12 Duta Besar RI untuk negara sahabat, hingga Presiden Jokowi bantah Ponpes Al Zaytun dilindungi orang Istana.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Presiden Jokowi lantik 12 Duta Besar RI untuk negara sahabat

Presiden RI Joko Widodo melantik 12 duta besar (Dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) untuk negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan para Dubes LBBP RI tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/P dan 55P tahun 2023 tanggal 14 Juni 2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi soal lokasi Piala Dunia U-17: Stadion kita bukan hanya GBK

Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa lokasi penyelenggaraan sepak bola Piala Dunia U-17 2023 akan dicarikan solusi karena stadion Indonesia bukan hanya di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Pertandingan FIFA U-17 World Cup 2023 digelar 10 November hingga 2 Desember 2023, namun bertepatan dengan konser musik Coldplay yang dijadwalkan pada 15 November 2023 di Stadion Utama GBK Senayan.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden Jokowi shalat Idul Adha di Yogyakarta

Presiden RI Joko Widodo akan merayakan dan melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Di Jogja," kata Presiden Jokowi singkat saat ditanya awak media usai mengunjungi Pasar Palmerah Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Mahfud tinjau Rumoh Geudong jelang kunjungan kerja Presiden Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD didampingi Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki meninjau lokasi peluncuran program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian non yudisial pelanggaran hak asasi manusia (HAM) Berat di Aceh di Rumoh Geudong, Gampong Bili Aron, Pidie, Senin.

“Hari ini Pak Gubernur Aceh mendampingi Pak Menkopolhukam meninjau kesiapan kegiatan peluncuran program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian non yudisial pelanggaran hak asasi manusia Berat di Aceh di Gampong Bili Aron,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden Jokowi bantah Ponpes Al Zaytun dilindungi orang Istana

Presiden Joko Widodo membantah Pondok Pesantren Al Zaytun yang belakangan dibicarakan karena menyebarkan ajaran Islam yang menyimpang, mendapat perlindungan dari orang Istana.

"Saya dong Istana? Ndak lah, ndak, ndak ndak," kata Presiden Jokowi di Pasar Palmerah Jakarta pada Senin.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023