Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan komputasi awan (cloud service provider) asal Indonesia PT Era Awan Digital (Eranyacloud) meluncurkan solusi Private Cloud dengan performa tinggi untuk korporasi dari berbagai industri yang ingin memperkuat infrastuktur TI-nya.

"Sebagai cloud provider lokal, Eranyacloud berkomitmen untuk mendukung transformasi digital dengan terus berinovasi dan menciptakan layanan komputasi awan dengan performa tinggi yang dapat membantu kalangan korporasi di Indonesia," ujar Chief Executive Officer Eranyacloud, Shaane Harjani, dalam siaran pers, Selasa.

Layanan Private Cloud ini diciptakan secara eksklusif dan hanya dapat diakses untuk satu pelanggan atau korporasi. Selain itu, layanan ini memberikan manfaat bagi penggunanya terutama dari segi keamanan, skalabilitas, elastisitas dan kustomisasi sesuai dengan sumber daya yang dibutuhkan pelanggan dari segi software hingga hardware.

Baca juga: Huawei Cloud dan IDA gelar Media and Entertainment Summit 2023

Dengan prosesor AMD EPYC, layanan Private Cloud dari Eranyacloud mampu memberikan kecepatan 5 (lima) kali lebih cepat dari kecepatan CPU rata-rata dengan maksimal kecepatan hingga 3 GHz.

Kemudian, untuk menambah performa layanan ini, Eranyacloud menggunakan all-flash block storage sehingga pelanggan dapat merasakan kecepatan akses hingga 10 (sepuluh) kali lebih cepat dari penyimpanan SSD pada umumnya.

Layanan Private Cloud dari Eranyacloud juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewall 7 lapis, IPS, dan DOS yang dapat melindungi data pelanggan dari serangan siber.

Terdapat tiga fitur unggulan dari layanan Private Cloud, antara lain Virtualization yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses infrastruktur on-premise melalui sumber daya komputasi awan yang tidak terbatas mulai dari penyimpanan, memori, hingga jaringan yang kemudian dapat dibagi ke dalam beberapa virtual machine atau elemen infrastruktur TI lainnya.

Fitur selanjutnya adalah Management Software di mana pelanggan dapat memusatkan, mengontrol, dan mengatur infrastruktur dan aplikasi yang ada di dalamnya sendiri. Dengan fitur ini, pelanggan dapat mengoptimalisasi keamanan, availability atau ketersediaan, dan tentunya dapat memanfaatkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Terakhir adalah fitur Automation yang dapat memudahkan kerja dari tim infrastruktur TI di organisasi atau korporasi.

"Dengan fitur automation pada Private Cloud, pengguna dapat mempercepat kerja tim IT seperti server provisioning dan integrasi, yang biasanya masih harus dilakukan secara manual dan berkala," ujar Shaane.

Private Cloud telah diperkenalkan oleh Eranyacloud pada event Open Finance Summit 2023 yang diadakan pada tanggal 21 Juni 2023 lalu.

Saat ini Eranyacloud juga sedang mengembangkan beberapa fitur dan layanan baru antara lain: Content Delivery Network (CDN) untuk akses website lebih cepat dan aman, kemudian Database as a Service (DBaaS) sebagai penyimpan data transaksi seperti MySQL dan PostgreSQL, dan Object Storage sebagai penyimpanan data berbasis object seperti file dokumen dan multimedia.

Baca juga: Huawei - Kemendikbudristek optimalkan AI dan cloud untuk pendidikan

Baca juga: Google Cloud hadirkan kursus gratis AI generatif di Indonesia

Baca juga: Alibaba Cloud dukung transformasi digital lewat produk AI terkini

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023