Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru
Medan (ANTARA) - Gempa bumi tektonik Magnitudo 4,4 yang terjadi pada Selasa, pukul 06:58:10 WIB di Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), terjadi akibat aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, di Medan, Selasa

Berdasarkan analisis, kata dia, episenter gempa bumi tektonik tersebut terletak pada koordinat 2.03 LU dan 99.01 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Timur Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 5 km.

Baca juga: BMKG: Aktivitas lempeng Indo-Australia picu gempa M5,1 wilayah Sumut

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan III-IV MMI di Tarutung yang dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

"Hingga pukul 07.15 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata Hendro.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,1 guncang wilayah barat daya Humbang Hasundutan
Baca juga: Posko gempa Tapanuli Utara rehabilitasi 1.285 rumah warga

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023