Layanan Samsat Kota Bekasi lumpuh

Layanan otomastis terhenti akibat rusaknya jaringan `online` yang menuju ke Jawa Barat. Sehingga pengurusan berbagai macam administrasi kendaraan bermotor tak dapat dilakukan," kata petugas Samsat Kota Bekasi,
Bekasi (ANTARA News) - Pelayanan Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis, mengalami lumpuh total akibat kerusakan sistem..

"Layanan otomastis terhenti akibat rusaknya jaringan `online` yang menuju ke Jawa Barat. Sehingga pengurusan berbagai macam administrasi kendaraan bermotor tak dapat dilakukan," kata petugas Samsat Kota Bekasi, Marlianti, di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, kerusakan tersebut terdeteksi petugas pada pagi hari saat akan membuka layanan sesuai jam operasional Samsat pukul 08.00 WIB.

"Kerusakannya ada pada penyedia layanan yakni PT Telkom. Kerusakan yang terjadi cukup parah, sehingga pelayanan sama sekali tidak dapat dilakukan," katanya.

Akibatnya, kata dia, Samsat Kota Bekasi yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, memutuskan tidak beroperasi dan memindahkan layanan ke gerai Samsat di Pondokgede dan Tambun, Kabupaten Bekasi.

"Kami sudah meminta kepada penyedia layanan agar perbaikan diselesaikan hari ini. Jadi besok, Jumat (1/3), kita sudah bisa beroperasi lagi," katanya.

Menurut dia, ada sedikitnya permohonan 1.000 berkas per hari yang harus diselesaikan pihaknya dalam urusan pajak kendaraan di wilayah setempat.

"Otomatis 1.000 berkas tersebut tidak dapat kami layani hari ini," katanya.

Pengumuman mengenai kerusakan sistem ini tercetak dalam kertas putih yang disebar di sejumlah sudut kantor Samsat Kota Bekasi.

Akibat penghentian operasional ini, banyak masyarakat yang kecewa dan akhirnya pulang. Seperti Nurin (47) yang semula berencana membayar pajak tahunan motornya.

"Padahal hari ini jatuh tempo. Kalau tidak bayar hari ini, bisa-bisa didenda," ujarnya.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar