Kunming (ANTARA) - FTA China-ASEAN Versi 3.0 akan semakin meningkatkan kemitraan strategis komprehensif antara China dan negara-negara ASEAN, kata Wakil Menteri Perdagangan China Wang Shouwen dalam acara pembukaan negosiasi ini.

Sekitar 370 pejabat dari berbagai lembaga terkait di China dan negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), serta Sekretariat ASEAN, menghadiri perundingan yang berlangsung pada 24-27 Juni itu.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kerja sama China-ASEAN dalam ekonomi digital dan hijau, serta rantai pasokan dan industri, guna mendorong pengembangan hubungan ekonomi dan perdagangan bilateral yang berkualitas tinggi serta integrasi ekonomi regional, tambah Wang.

China siap bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk bersama-sama meningkatkan level kerja sama terbuka dalam FTA China-ASEAN Versi 3.0, serta membangun kesepakatan yang inklusif, modern, komprehensif, dan saling menguntungkan, sambung dia.

Pada November 2022, China dan ASEAN bersama-sama mengumumkan peluncuran resmi negosiasi tersebut.

Kedua belah pihak sepakat bahwa perundingan itu akan mencakup sejumlah bidang, termasuk perdagangan barang, investasi, serta ekonomi digital dan hijau, sehingga membangun FTA China-ASEAN yang lebih inklusif, modern, komprehensif, dan saling menguntungkan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023