Jakarta (ANTARA) - Enam kreator YouTube asal Indonesia yakni Raditya Dika, Meicy Villia (Vilmei), Nasya, Klara Tania, Miauwaug, hingga Willie Salim berhasil meraih lebih dari 10 juta subscribers yang ditandai dengan penghargaan Diamond Creator Award.

"Kami bangga bahwa kreator lokal menemukan kesuksesan luar biasa di tengah pasar global yang sangat kompetitif," Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Menurut YouTube, keenamnya telah dikenal sebagai kreator yang fokus dalam konten berdurasi pendek di YouTube Shorts. Selain itu, mereka juga memiliki ciri khas dan konsisten membuat video viral. Mereka juga menginvestasikan banyak waktu untuk meraih sukses di YouTube.

Feliciana mengatakan penghargaan yang diraih keenam kreator tersebut merupakan salah satu momen penting bagi ekosistem kreator khususnya YouTube Shorts di Indonesia di mana semakin banyak kreator multi-format yang menemukan kesuksesan di YouTube.

Baca juga: Youtube TV perluas fitur "multiview" tak hanya untuk tayangan olahraga

Sementara itu, Kreator Willie Salim menilai bahwa YouTube memberikan kesempatan yang sama bagi semua masyarakat Indonesia untuk belajar dan berkembang. Meski berasal dari daerah, Willie membuktikan kesuksesannya lewat YouTube.

"Melalui YouTube. Khususnya YouTube Shorts, saya berkesempatan untuk mengekspresikan bakat dan minat melalui konten yang telah saya hadirkan selama ini. Saya berharap dengan pencapaian saya hingga saat ini, saya bisa menginspirasi orang untuk lebih kreatif lagi," kata pemuda asal Toboali, Bangka Selatan, itu.

Feliciana memandang terdapat pertumbuhan yang luar biasa dari komunitas YouTube di Indonesia di mana spektrum kreator berkembang dengan beragam dari seluruh penjuru Indonesia. Ekonomi kreator YouTube juga disebut memberi dampak nyata yang ditandai dengan kontribusi Rp7,5 triliun terhadap PDB Indonesia pada 2021.

Baca juga: YouTube akan hadirkan fitur baru untuk memudahkan pemilihan thumbnail

"YouTube terus percaya bahwa setiap orang harus dapat menemukan komunitas, mendobrak penghalang, melampaui batas, dan berkumpul bersama untuk kepentingan dan passion yang sama," kata Feliciana.

"Kami selalu dan akan terus memastikan komunitas kreator Indonesia dapat terus berkembang melalui banyak inisiatif peningkatan keterampilan untuk berbagai ukuran channel," imbuh dia.

Baca juga: Video "Numb" Linkin Park melampaui 2 miliar penayangan YouTube

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023