Jakarta (ANTARA) - Influencer kecantikan Suhay Salim populer akan konten kecantikan berupa tips memilih produk kecantikan, tips memakai riasan, dan konten kecantikan lainnya yang menarik dan disukai banyak orang.

“Buat aku menjadi beauty influencer itu bukan hanya sekadar mengulas sebuah produk atau konten untuk tutorial, tapi bagaimana kita menciptakan sebuah konten edukatif yang bermanfaat,” kata Suhay dalam siaran pers yang dibagikan, Selasa.

Suhay pun membagikan tips agar kontennya selalu menarik dan disukai penontonnya. Pertama, buat konten orisinal dan memiliki ciri khas. Persaingan di dunia digital saat ini mengharuskan para pembuat konten untuk selalu menyajikan konten yang orisinal dan terhindar dari plagiat.

Konten yang orisinal sesuai dengan ciri khas diri sendiri dan berbeda dari pembuat konten lainnya dapat meningkatkan peluang agar konten semakin disukai dan mudah diingat oleh para penggemar. Selain itu, kejujuran saat menjelaskan produk merupakan salah satu keharusan agar tidak menyesatkan penonton.

“Penilaiannya memang benar-benar dari pengalaman pemakaian aku dan perubahan apa yang terjadi di kulit aku. Jadi jangan sampai kita membohongi para followers ya,” kata Suhay.

Baca juga: YouTube akan hadirkan fitur baru untuk memudahkan pemilihan thumbnail

Kedua, teruslah belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuan. Selalu tanamkan pada diri sendiri untuk terus mengikuti perkembangan tren baru dan mau belajar untuk mengasah kemampuan. Contohnya, belajar mengedit video, mengasah kemampuan bercerita atau berbicara agar video semakin atraktif, memahami pencahayaan dan tata letak, serta eksplorasi berbagai jenis konten agar semakin diingat oleh penonton.

Ketiga, ajak penonton untuk ikut serta memberikan ide konten. Ciptakan ikatan dengan para penonton melalui konten-konten interaktif dan variatif. Sesekali di tengah konten selipkan interaksi dengan penonton melalui tanya jawab, tebak-tebakan, atau hal lainnya yang membuat mereka merasa dekat dengan kita.

Tanyakan mengenai ide konten berikutnya yang sesuai dengan permintaan penonton. Misalnya, mengenai praktik perawatan kulit rutin atau produk perawatan kulit pilihan untuk beberapa masalah kulit, seperti pori-pori, wajah kusam, jerawat.

Baca juga: POCO X5 Pro 5G, ponsel untuk konten kreator

Keempat, maksimalkan teknologi dan peluang. Pelajari cara untuk mengoptimalkan konten di setiap kanal media sosial ataupun aplikasi penjualan daring. Saat ini, aplikasi penjualan daring tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk bertransaksi jual beli, tetapi juga menyajikan banyak fitur baru yang mendukung para pembuat konten agar semakin luas berkreasi dalam menjangkau penonton.

Terakhir, selalu ikuti tren dan tingkatkan perlengkapan pendukung untuk konten. Hal ini agar semakin mempermudah pembuatan konten dan jumlah penonton dapat meningkat karena tren baru yang dibuat dalam konten.

“Selalu mau mengembangkan diri akan hal baru dan tren terkini adalah kunci eksistensi di dunia konten kreator,” kata Suhay.

Baca juga: "Gila" jadi kunci Jovial da Lopez bertahan jadi kreator konten

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023