Kami melakukan penanaman pohon kelapa di Kabupaten Gorontalo, karena akan menjadi tuan rumah World Coconut Day.
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Inspektur Jenderal (irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Jan S Maringka melakukan penanaman pohon kelapa sebagai persiapan peringatan Hari Kelapa Sedunia atau World Coconut Day 2023 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah gelaran Hari Kelapa Sedunia tahun 2023 pada bulan September 2023 mendatang. Gelaran bertaraf internasional tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo.

"Kami melakukan penanaman pohon kelapa di Kabupaten Gorontalo, karena akan menjadi tuan rumah World Coconut Day. Hal ini merupakan kolaborasi Inspektorat Jenderal dan Pemda Gorontalo sebagai bagian persiapan atau kampanye terkait kegiatan tersebut," ujar Jan S Maringka.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan dampak positif terhadap komoditas kelapa khususnya di Gorontalo.

Jan Maringka mengajak semua masyarakat untuk menanam pohon kelapa di setiap jengkal tanah yang ada di halaman atau pekarangan rumah. Hal tersebut dinilai baik untuk ekosistem lingkungan dan mendukung ketahanan pangan keluarga di masa depan.

Menurut dia, pohon kelapa jenis genjah dinilai cocok ditanam di pekarangan rumah yang lahannya terbatas. Pasalnya, pohon kelapa genjah, pelepah dan batangnya pendek serta akar serabutnya aman di sekitar rumah.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut 28 negara siap menghadiri peringatan World Coconut Day 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan September nanti.

"Karena kegiatan ini berskala dunia, maka persiapan pelaksanaannya harus terus dimatangkan," ujar Nelson.

Menurut Bupati, kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan, seperti dari organisasi pemerintah daerah (OPD), pemerintah pusat, International Coconut Community (ICC), perguruan tinggi serta panitia lokal dan pusat.
Baca juga: Bupati Gorontalo sebut 28 negara siap hadiri Hari Kelapa 
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023