berharap  warga Jakarta bisa menjaga kebersamaan dan saling menghargai perbedaan waktu perayaan Idul Adha
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiapkan 2.313 personel gabungan untuk mengamankan sejumlah titik kegiatan Idul Adha 1444 Hijriah yang berlangsung pada hari ini dan besok Kamis (29/6).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan 2.313 personel tersebut meliputi 703 personel dari Polda Metro Jaya, 130 personel dari TNI, 40 personel dari unsur Pemda DKI Jakarta, dan 1.440 personel dari jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Polda Metro Jaya melakukan pengaman agar pelaksanaan Shalat Idul Adha dan kegiatan kurban berlangsung lancar, " katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu

Trunoyudo berharap  warga Jakarta bisa menjaga kebersamaan dan saling menghargai perbedaan waktu perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

"Dalam pelaksanaan ibadah tentunya pemerintah dari Kemenag sudah memutuskan dan tentunya seluruh masyarakat juga menjaga kebersamaan ini dalam melaksanakan ibadah dan saling menghargai, " jelasnya.

Trunoyudo juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan libur dan melakukan kegiatan bersama keluarga dan berhati-hati jika melakukan perjalanan ke tempat wisata.

"Selain lakukan pengamanan di sejumlah tempat ibadah, kami juga akan berkoordinasi untuk tempat-tempat yang memiliki pengamanan internal untuk tempat wisata, " ucapnya

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut juga mengimbau masyarakat harus selalu waspada terhadap tindak kriminal yang selalu mengintai.

"Kembali lagi masyarakat kami imbau untuk berhati-hati silahkan melakukan aktivitas, namun kewaspadaan tetap terjaga, " katanya.

Sebelumnya diberitakan pelaksanaan Shalat Idul Adha antara pemerintah dengan Muhammadiyah berbeda. Muhammadiyah sesuai Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah, menyebutkan bahwa 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin (19/6), sehingga Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada Rabu (28/6).

Sementara pemerintah yang menetapkan awal Zulhijah 1444 Hijriah lewat sidang isbat, memutuskan Idul Adha jatuh pada Kamis (29/6).
Baca juga: Menko PMK sarankan pemotongan hewan kurban dilaksanakan serentak Kamis
Baca juga: Sekjen MUI: Perbedaan waktu Idul Adha jadi kesempatan hargai perbedaan
Baca juga: Lima ribu jamaah Shalat Idul Adha di lapangan RS Islam Pondok Kopi

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023