Bandung (ANTARA) - Tokoh nasional Prof. Muhammad Amien Rais menjadi khatib dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu pagi di area parkir mal Transmart Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamadiyah periode 1995-1998 itu dalam khotbahnya berpesan kepada generasi muda untuk terus menimba ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tuntut lah ilmu setinggi mungkin sesuai dengan tuntunan Al Quran dan sunah. Di samping itu, harus bersedia berjuang sesuai dengan tugas kaum muda," kata mantan Ketua MPR RI itu.

Ketua Pelaksanaan Shalat Id Muhammadiyah Transmart Bojongsoang Entis Sutisna menyampaikan bahwa warga dari berbagai daerah di Bandung Raya ikut melaksanakan shalat Idul Adha di area belakang mal yang berdekatan dengan Perumahan Buah Batu Square.

Jamaah Muhammadiyah berdatangan ke lokasi itu sejak sekitar pukul 05.45 WIB.

"Jamaah yang hadir itu dari Bandung Raya, karena kita menyampaikan di berbagai media sosial, banyak dari kabupaten juga, dan jamaah yang biasanya akan ke Mujahidin," kata Entis.

"Salah satunya itu karena ada tokoh nasional, sehingga jamaah yang biasanya ke Mujahidin akhirnya shalat di sini, termasuk saudara-saudara saya," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa semula panitia melaporkan ke kepolisian bahwa ada sekitar 3.000 orang yang melaksanakan shalat Idul Adha di area Transmart Bojongsoang.

Namun, pada hari pelaksanaan warga yang hadir diperkirakan sampai 7.000an orang.

"Alhamdulillah bisa tertampung semua, walaupun kelancaran parkir kendaraan jemaah masih terkendala," demikian Entis Sutisna.

Baca juga:
Sekjen MUI: Perbedaan waktu Idul Adha jadi kesempatan hargai perbedaan
Menko PMK sarankan pemotongan hewan kurban dilaksanakan serentak Kamis


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023