Jakarta (ANTARA) - Perusahaan travel wisata religi PT Madinah Iman Wisata (MIW) menyatakan bahwa sebanyak 92 peserta haji "furoda" yang berangkat dari Indonesia telah memulai ibadah wukuf di kawasan Arafah pada Selasa (27/6) waktu setempat.

Direktur Utama PT Madinah Iman Wisata, Didik Arianto dalam siaran resmi pada Rabu menjelaskan bahwa sebanyak 92 jamaah itu berangkat menggunakan visa haji furoda sebagai visa resmi pemerintah Saudi Arabia, atau haji "non-kuota" karena di luar kuota yang sudah dijatahkan kepada Kementerian Agama RI.

Didik Arianto menjelaskan, seluruh peserta menempati tenda khusus di wilayah dekat Jabal Rahmah dan telah memulai rangkaian ibadah puncak haji, yakni wukuf di padang Arafah. Pelaksanaan wukuf dimulai dengan mendengarkan Khutbah Arafah yang dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur-Ashar jama' taqdim qashar yang diimami oleh Ustadz Syam Elmarusy kemudian berdzikir.

Baca juga: Arab Saudi ingin turis mancanegara naik tiga kali lipat tahun ini

Sebanyak 92 peserta furoda tersebut kemudian bergerak dari Arafah menuju Muzdalifah untuk bermalam (mabit) dan mengumpulkan batu lontar jumrah. Saat di Muzdalifah, jamaah mengambil kantong batu kerikil yang disediakan oleh syarikah atau mencari sendiri sebanyak 49 (nafar awal) atau 70 (nafar tsani).

Didik menjelaskan, sebelum melaksanakan ibadah haji, jamaah MIW berada di hotel transit untuk mendapatkan pembekalan ilmu manasik dan persiapan rohani "Pesantren Haji". Pembekalan itu menitikberatkan materi pada pentingnya bagi jamaah untuk memaknai simbol-simbol haji dan menjaga kebersihan hati sebagai modal utama meraih haji mabrur.

"Tema perjalanan haji MIW tahun ini adalah menggapai kemabruran dengan cinta dan kebersamaan,” ujar Didik.

Baca juga: Jamaah diimbau tak pikirkan urusan dunia saat wukuf di Arafah

Selain itu, Didik juga berpesan kepada jamaah untuk menjaga kebugaran karena suhu yang mencapai 43-47 derajat Celcius saat wukuf.

Didik berharap, keberhasilan MIW memberangkatkan 100 persen jamaah dengan biaya 23.000 dolar AS (Rp345 juta) per jamaah pada tahun ini akan memacu perusahaan untuk mengoptimalkan layanan pada tahun depan.

"Kami memastikan seluruh jamaah para tamu Allah itu mendapatkan pelayanan dan bimbingan ibadah yang maksimal,” ujar Didik, seraya menambahkan, "MIW siap untuk memfasilitasi jamaah haji furoda tahun 2024."

Baca juga: Padang Arafah mulai dipadati oleh jamaah ibadah haji
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023