Kami terus memastikan aspek availability dan accessibility dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat selama libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah yang telah resmi ditetapkan pemerintah selama lima hari.

Dibarengi dengan kondisi pandemi yang terus membaik, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) ini melihat adanya potensi peningkatan kebutuhan energi sepanjang libur Idul Adha.

“Kami terus memastikan aspek availability dan accessibility dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Seluruh fasilitas utama kami, terminal BBM dan LPG, SPBU, agen dan pangkalan LPG, serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) tidak libur dan tetap beroperasi untuk menyalurkan energi bagi masyarakat,” kata Direktur Utama Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menurut Riva, yang terpenting pada masa libur panjang seperti ini adalah ketahanan stok untuk memastikan proses penyaluran dapat berjalan lancar.

Sepanjang masa libur, Riva mengatakan Pertamina Patra Niaga mengamankan ketahanan stok di level yang aman, untuk gasoline atau bensin di angka 35 hari, gasoil atau diesel 41 hari, LPG 15 hari, dan avtur 32 hari.

Angka tersebut merupakan level aman dan setiap hari juga terus dimonitor ketahanannya dan selalu dijaga di angka tersebut.

"Setiap tim operasional di regional juga sudah kami siagakan, agar di jalur-jalur atau wilayah tertentu harus dibuatkan mitigasi jika ada kemacetan atau peningkatan konsumsi penyaluran BBM dan LPG tetap aman. Begitu juga dengan Avtur, di bandara-bandara kami telah berkoordinasi dengan maskapai mengantisipasi penambahan jadwal penerbangan,” tukasnya.

Selain operasional, Riva mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan mitra SPBU dan agen LPG berupa fasilitas kredit mengantisipasi layanan bank tutup atau tidak beroperasi dengan jam normal di hari biasa.

Berbarengan dengan masa libur ini, per 26 Juni lalu Pertamina Patra Niaga juga melakukan penyesuaian harga LPG nonsubsidi mengacu tren LPG yang sedang turun, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memasak saat Idul Adha.

“Dengan berbagai antisipasi, harapannya tidak ada kendala penyaluran dan layanan BBM maupun LPG kepada masyarakat. Pertamina Patra Niaga juga turut mengucapkan Selamat Idul Adha bagi yang merayakan, selamat berkumpul bersama keluarga, dan terus menjaga kesehatan sepanjang libur panjang ini,” ujar Riva.

Baca juga: PT Pertamina Patra Niaga uji coba transaksi LPG 3Kg gunakan KTP
Baca juga: Pertamina imbau warga Jatim beli LPG 3 kilogram di pangkalan resmi

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023