Kami mengamati dengan cermat pergerakan mata uang dengan rasa urgensi yang kuat
Singapura (ANTARA) - Yen berjuang terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada Rabu sore, melayang di dekat level terendah 15 tahun terhadap euro karena otoritas Jepang tidak mengesampingkan intervensi untuk membendung kerugian, sementara dolar Australia menukik karena inflasi mereda pada Mei.

Otoritas Jepang berada di bawah tekanan baru untuk memerangi penurunan baru yen yang didorong oleh ekspektasi pasar bahwa Bank Sentral Jepang (BoJ) akan mempertahankan suku bunga sangat rendah, bahkan saat bank-bank sentral lainnya memperketat kebijakan moneter untuk mengekang inflasi.

"Kami mengamati dengan cermat pergerakan mata uang dengan rasa urgensi yang kuat," kata diplomat mata uang utama Jepang Masato Kanda kepada wartawan pada Rabu.

"Kami akan merespons dengan tepat jika itu menjadi berlebihan."

Yen melayang di sekitar level terendah tujuh bulan di 144,18 per dolar yang disentuhnya semalam. Yen terakhir di 144 per dolar.

Terhadap euro, yen disematkan di dekat level terendah 15 tahun di 157,93 yang dicapai pada Selasa (27/6/2023). Terhadap sterling, mata uang Asia itu melayang di sekitar 183,25, sedikit di bawah level terendah 7,5 tahun yang disentuh sehari sebelumnya.

"Dengan kenaikan dolar terhadap yen akan terus berlanjut, kami menilai risiko telah meningkatkan intervensi Kementerian Keuangan di pasar valas dengan membeli yen," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia, dikutip dari Reuters.

"Namun, kami mencatat kecepatan perubahan, bukan level, yang paling penting dalam keputusan (kementerian keuangan Jepang) untuk intervensi," kata Kong.

Jepang terjun ke pasar mata uang untuk menopang yen pada September dan Oktober lalu untuk membendung penurunan mata uang, yang mencapai level terendah 32 tahun di 151,94 terhadap dolar.

Sementara yen masih cukup baik, banyak pelaku pasar melihat 145 sebagai batas Tokyo, yang jika ditembus dapat memicu putaran intervensi lainnya.

Sementara itu, dolar Australia tergelincir ke level terendah tiga minggu di 0,6618 dolar setelah tingkat inflasi harga konsumen lokal melambat ke level terendah 13 bulan pada Mei.

Aussie terakhir turun 0,64 persen pada 0,66435 dolar AS. Kiwi turun 0,71 persen menjadi 0,612 dolar AS

Ukuran inflasi inti juga mendingin, sebagai tanda bahwa suku bunga mungkin tidak perlu naik lagi pada Juli.

Yuan stabil terhadap dolar pada Rabu, sehari setelah otoritas moneter China mengambil tindakan tegas guna mendukung penurunan mata uang untuk pertama kalinya dalam hampir delapan bulan.

Yuan di pasar luar negeri berada di 7,2348 per dolar. Di pasar spot domestik yuan dibuka pada 7,2225 per dolar dan berpindah tangan pada 7,2285.

Semalam, data menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen AS meningkat pada Juni ke level tertinggi dalam hampir 1,5 tahun, sementara pengeluaran bisnis tampak bertahan pada Mei, menunjukkan ekonomi tetap pada pijakan yang kokoh.

Kumpulan data terbaru memperkuat pandangan ekonomi AS yang tangguh dan meredakan kekhawatiran resesi, meskipun itu juga mengindikasikan bahwa Federal Reserve mungkin harus terus menaikkan suku bunga.

Pasar menilai probabilitas 77 persen untuk kenaikan 25 basis poin oleh Fed bulan depan, menurut alat CME FedWatch, tetapi tidak lebih setelah itu.

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar naik 0,068 persen menjadi 102,57, setelah tergelincir 0,24 persen semalam. Indeks dolar berada di jalur untuk mencatat penurunan sekitar 1,5% untuk bulan ini.

Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank, mengatakan data AS memberi tanda tema "resesi sektoral" yang terjadi dengan kelambatan yang berbeda, membuat tugas Fed untuk menjinakkan inflasi menjadi lebih sulit.

"Secara keseluruhan, data memberi tahu kami bahwa Fed perlu tetap menginjak pedal pengetatan," katanya.

Perhatian investor akan tertuju pada komentar Ketua Fed Jerome Powell di Forum Bank Sentral Eropa di Sintra, Portugal.

Powell akan berpartisipasi dalam panel pada Rabu bersama Gubernur Bank Sentral Inggris Andrew Bailey, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dan Gubernur Bank Sentral Jepang Kazuo Ueda.

Setelah melonjak 0,5 persen pada Selasa (27/6/2023), euro melemah 0,09 persen menjadi 1,0949 dolar. Sterling terakhir diambil 1,2729 dolar, turun 0,13 persen hari ini.

Baca juga: Dolar AS datar di awal sesi Asia, Aussie jatuh karena inflasi melambat
Baca juga: Jepang ambil langkah tepat jika yen yang lemah berubah jadi berlebihan
Baca juga: Dolar stabil di Asia, investor kaji bunga global dan prospek ekonomi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023