Rute favorit masyarakat pada periode long weekend ini adalah tujuan Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Semarang, Jember, dan Banyuwangi
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 22.588 penumpang menggunakan kereta api jarak jauh di wilayah tersebut pada Selasa (27/6/2023) saat libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jatim, Rabu, mengatakan, dari data tersebut, stasiun keberangkatan terbanyak di Stasiun Surabaya Gubeng yang tercatat 8.161 pelanggan dan Stasiun Surabaya Pasarturi 6.784 pelanggan.

"Untuk Stasiun Malang sebanyak 3.711 pelanggan dan selebihnya berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya lainnya," ucapnya.

Sementara, dari data yang diperoleh, pihaknya mencatat yang akan melakukan perjalanan pada Rabu hingga siang ini tercatat 20.688 pelanggan.

"Angka ini tercatat meningkat 58 persen dibanding periode yang sama minggu lalu. Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend ini adalah tujuan Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Semarang, Jember, dan Banyuwangi," ujarnya.

Luqman menambahkan periode libur panjang Idul Adha 2023, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 42 kereta api jarak jauh, dengan total tempat duduk sebanyak 25.658 tiket KA jarak jauh dengan berbagai kota tujuan.

"Pada masa long weekend Idul Adha ini, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti ini," ucapnya.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, lanjutnya, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"Selain pelanggan yang melakukan keberangkatan, KAI Daop 8 Surabaya juga menjadi tujuan favorit pelanggan yang akan melakukan libur Idul Adha maupun menikmati liburan di wilayah Daop 8 Surabaya," tuturnya.

Dari data yang diperoleh, menurut dia, sejak Senin (26/6/2023), sebanyak 18.884 pelanggan tiba di wilayah Daop 8 Surabaya, selanjutnya pada Selasa (27/6/2023), tercatat sebanyak 18.505 pelanggan tiba.

Baca juga: Daop 8 Surabaya siapkan 25.659 kursi saat libur panjang Idul Adha
Baca juga: KAI Surabaya: 16.758 orang gunakan kereta api menjelang libur panjang
Baca juga: 85.919 penumpang lakukan perjalanan dari KAI Daop 8 saat libur panjang


Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023